Semua ibu-ibu ingin menyediakan makanan yang terbaik dan segar buat keluarga mereka. Namun, jadwal harian yang ketat dan sibuk menyulitkan para ibu untuk ke pasar atau supermarket untuk mendapatkan pasokan makanan yang segar.

Ada tips menyimpan makanan agar selalu tetap segar ketika disajikan untuk keluarga Anda.

Bekukan Susu Beberapa Minggu Lebih Awal.

Seringkali Anda pasti akan membuang susu yang sudah hampir dengan tanggal kadaluarsa meskipun masih ada banyak sisa susu yang tinggal. Hindari pemborosan dengan menyimpan susu di dalam kulkas beku. Anda dapat membekukan susu tapi pastikan Anda meninggalkan sedikit ruang dalam wadah susu karena susu akan mengembang ketika dibekukan dan bisa menyebabkan bekas susu pecah. Susu dapat disimpan di dalam lemari es tidak lebih dari empat sampai enam minggu.

Bekukan Telur Di Dalam Baki Es

Terkadang Anda tidak dapat menggunakan semua telur saat ia masih segar ataupun anda sering menggunakan putih telur dan kuning telur selalu diabaikan. Jangan khawatir, telur juga dapat dibekukan. Apa yang harus Anda lakukan adalah memecahkan telur dan tuangkan ke dalam nampan air, tambahkan sedikit garam atau gula untuk mempertahankan tekstur telur. Simpan dan Anda dapat menggunakan ketika perlu.

Simpan Saus Favorit Dalam Tas Beku

Kelebihan saus juga bisa dibekukan jika dilakukan dengan cara yang benar. Tuangkan saus ke dalam kantong kedap udara dan simpan di dalam lemari es beku. Setelah satu jam, ia akan menjadi cukup keras untuk Anda memotong dadu saus beku itu dan tambahkan ke dalam hidangan favorit Anda.

Bungkus Daun Selada Dengan Handuk Kertas

Anda dapat mempertahankan kesegaran daun salad dengan membungkus daun selada dengan menggunakan handuk kertas. Salad akan tetap segar dan renyah selama seminggu jika Anda bungkus dengan handuk kertas. Ini karena kelembaban yang berlebihan akan diserap ke dalam handuk dan ia tidak akan membiarkan daun layu.

Apel Bisa Disimpan Di Dalam Kulkas Selama Beberapa Bulan

Buah-buahan seperti apel akan membusuk jika ia dibiarkan di atas meja dapur. Anda dapat menyimpan buah apel di dalam lemari es untuk mempertahankan kesegarannya. Masukkan buah apel ke dalam kantong plastik dengan lubang atau balutkan buah apel dengan handuk kertas yang lembab. Paling penting, pastikan Anda menyimpan buah apel terpisah dengan sayuran karena apel mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat pembusukan bahan-bahan yang disimpan dengannya.

Simpan Lobak Di Dalam Pasir

Petani merekomendasikan untuk menyimpan wortel di dalam pasir. Pastikan Anda menggunakan pasir yang bersih. Potong daun lobak dengan berhati-hati agar Anda tidak merusak struktur wortel tersebut. Bersihkan daun dan letakkan di dalam kotak yang berisi pasir basah. Pastikan Anda tidak menyimpan wortel dalam kondisi yang terlalu lembab karena akan menyebabkan wortel menjadi hitam dan keras.

Simpan Keju Dan Krim Masam Secara Terbalik

Keju dan krim asam akan tetap segar dua kali lebih lama jika Anda menyimpannya secara terbalik di dalam lemari es. Menyimpan keju dan krim asam secara terbalik dapat membantu dalam mencegah pertumbuhan bakteri.

Simpan Bawang Di Dalam Segelas Air

Daun bawang bisa bertahan lama jika Anda menyimpannya di dalam wadah atau cangkir yang berisi air. Anda cuma harus memotong bagian yang ingin Anda gunakan dan ia akan selalu tumbuh kembali.

Simpan Sayur-Sayuran Segar Di Dalam Balang Kaca

Toples kaca adalah tempat penyimpanan yang sesuai untuk sayuran hijau. Toples kaca dapat mempertahankan kesegaran sayuran seperti daun segar, bawang, bawang putih, atau peterseli selama sebulan dan ia juga tidak akan merusak sayur- sayuran atau membuat sayuran kering dan kehilangan aroma.

Simpan Madu Di Dalam Balang Kaca

Madu dapat bertahan kesegarannya selama bertahun-tahun jika disimpan dengan benar. Bekas terbaik untuk menyimpan madu adalah dengan menggunakan botol kaca dengan tutup ketat. Bekas yang terbuat dari logam, enamel atau seng tidak sesuai untuk madu karena akan mengoksidasi madu tersebut.

Demikian beberapa tips menyimpan makanan agar bisa awet dan semoga menjadi keluarga yang sehat.