Bengkulu Selatan, Bengkulu; Sebanyak 102 orang calon jama’ah haji Bengkulu Selatan siap untuk diberangkat ke tanah suci Mekkah usai shalat isya malam ini. Hal ini dibuktikan dengan telah adanya acara pelepasan calon jama’ah haji di pendopo rumah Dinas Bupati Bengkulu Selatan pada pukul 08.00 wib.
Acara yang di hadiri oleh Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH, Unsur FKPD Bengkulu Selatan, Kepala SKPD jajaran Pemda BS, Kepala Kandepag BS Drs.Yasaroh Maksum, M.HI, para calon jama’ah haji berserta keluarga yang menyaksikan acara tersebut.

Perwakilan calon jama’ah haji Batardin,S.Sos dalam kesempatan itu mengatakan, mohon do’a restu dan keselamatan para kaum jamaa’ haji ini kiranya selama menjalan ibadah di tanah suci tidak mendapatkan halangan dan rintangan apaun sehingga bisa kembali lagi ke Bengkulu Selatan ini dalam keadaan utuh.

Kepala Kantor Departemen Agama Bengkulu Selatan Drs.Yasaroh Maksum, M.HI dalam laporannya mengatakan, bahwa jumlah calon jama’ah haji sebanyak 103 orang dan yang di berangkatkan sebanyak 102 orang. 1 orang yang tidak dapat di berangkatkan karena sakit dan hingga saat ini masih dalam perawatan. 102 orang calon jama’ah haji terdiri dari 48 orang laki-laki dan 54 orang perempuan.

Calon Jama’ah haji Bengkulu Selatan akan bergabung dengan calon jama’ah haji dari Kabupaten Lebong, Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahyang.

Lebih lanjut Yasaroh menyampaikan, calon jama’ah haji tertua dan yang termuda tahun 2016 ini ada di Bengkulu Selatan. Yang tertua bernama Hasanusi Madmud (87) dari Kecamatan Pasar Manna dan yang termuda Ratna Nurintan Pusvita Sari (22) dari Kecamatan Kota Manna. Calon Jama’ah haji Bengkulu Selatan akan diberangkatkan nanti malam setelah shalat isya dari masjid jami’ jl.jend.Sudirman menuju Asrama Haji Bengkulu,”jelas Yasaroh.

Calon Jama’ah haji Bengkulu Selatan akan diberangkatkan menuju embarkasi Padang pada pukul 20.00 hari Sabtu. Dan pada senin dini hari pukul 01.00 wib jemaah haji Bengkulu Selatan akan diberangkatkan menuju Madinah,”terang Yasaroh.

Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH, saat pelepasan calon jama’ah haji mengatakan, kepada seluruh calon jama’ah haji Bengkulu Selatan agar bisa menjaga kekompakan selama di tanah suci dan bisa lebih mengutamakan kebersamaan dalam melaksanakan segala rukun haji sehingga pulang ke Bengkulu Selatan menjadi haji yang Mabrur.(SAR)