Kota Bengkulu, Bengkulu; Pameran Pangan Nusa (PPN) dan Pameran Produk Dalam Negeri (PPDN) tahun 2016 wilayah 2 yang diikuti 11 provinsi yaitu Provinsi Papua, Bali, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan dan Provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah.

IMG-20160901-WA0010

Acara yang dibuka secara resmi oleh Irjen kemendag Karyanto Supri di lapangan sport center pantai panjang, dihadiri oleh gubenur bengkulu H.Ridwan Mukti beserta jajaran, seluruh Bupati/ walikota se provinsi Bengkulu atau yang mewakili serta seluruh tamu undangan dan peserta pameran.

IMG-20160901-WA0011
Karyanto Supri mengatakan, dalam PPN dan PPDN Bengkulu yang dilaksanakan mulai dari tanggal 1 hingga 4 september akan menampilkan berbagai stand tematik yang diisi dengan produk-produk dalam negeri seperti tas dowa, fashion, Kana goods. sementara dari unsur PPN menampilkan buah-buahan dan sayur mayur hasil pertanian Bengkulu serta teh dan kopi khas nusantara.
“Kemitraan atau jejaring pemasaran yang terjalin antar pelaku usaha kecil, menengah, dan pengusaha diharapkan dapat meningkatkan daya saing, baik di pasar dalam negeri maupun pasar global,” papar Karyanto.
Gubernur Bengkulu pada sambutannya mengatakan banyak terima kasih kepada kementrian perdagangan yang telah mempercayakan Bengkulu sebagai tuan rumah, dan mengharapkan event-event lain pun bisa di laksanakan di bengkulu walaupun bengkulu masih dalam tahap berbenah.
“Terima kasih kami sampaikan kepada kementerian perdagangan yang percaya kepada bengkulu sebagai tuan rumah. Dengan adanya event ini kami harap bisa memacu semangat dalam dunia perdagangan untuk pengusaha kecil, menengah dan pengusaha agar lebih giat dan memberikan inovatif baru untuk dunia perdagangan,” terang Ridwan.
Humas kemendag juga merilis melalui selebaran yang dibagikan kepada sejumlah awak media menyatakan, pameran tingkat regional dilaksanakan di tiga kabupaten/ kota di indonesia, tanggal 4 hingga 7 Agustus yang lalu di laksanakan di kota jambi dengan transaksi lebih dari Rp.1,18 milyar. Tanggal 1 hingga 4 september bengkulu dan setelah itu akan dilanjutkan di banyuwangi pada bulan oktober mendatang.

IMG-20160901-WA0012
Sisilain kegiatan yang bertaraf regional ini mengadakan lomba memasak makanan dan minuman khas daerah pada pukul 07.30 wib dengan dewan juri yang diketuai oleh chef internasional wiliam Wongso dan telah menobatkan kabupaten Bengkulu Utara sebagai juara harapan 3, Kabupaten Kaur sebagai Juara harapan 2, Juara harapan 1 diraih PKK Provinsi Bengkulu. Selanjutnya untuk Juara 3 Dharma Wanita Diskoperindag Provinsi Bengkulu, Juara ke 2 Dinas Koperindag Provinsi Bengkulu, dan yang berhak untuk Juara ke 1 dari Provinsi Sulawesi Tengah.(SAR)