Manna, Bengkulu Selatan; Setelah sukses dengan berbagai sosialisasi P4GN, kali ini BNNK Bengkulu Selatan patut diacungi jempol. Pasalnya telah berhasil meringkus 4 orang pemakai sabu dan 1 orang pemilik biji ganja.

bnn-bs-4Kepala BNNK Bengkulu Selatan AKBP.ALI IMRON, SE ketika dijumpai awak media diruang kerjanya membenarkan adanya penangkapan terhadap para pemuda yang diduga pemakai barang haram tersebut. Ini bermula dari adanya laporan warga bahasanya ada sekelompok pemuda di wilayah Jl.kapt.Buchori kelurahan Gunung Mesir Kecamatan Pasar Manna yang sedang mabuk-mabukan dan diduga mereka mengkonsumsi ganja.
“Awalnya ada laporan dari masyarakat, terhadap laporan tersebut kita tindak lanjuti dan dilkukan penggrebekan, alhasil 8 orang pemuda warga Kelurahan Gunung Mesir diamankan oleh BNNK Bengkulu Selatan untuk di periksa dan dilakukan tes urine,”terang ALI.

bnn-bs-3AKBP ALI IMRON, SE juga mengatakan, penggrebekan dilakukan sekira pada pukul 23.00 wib (15/9) atau tepatnya pada malam jum’at. 8 orang yang diamankan yakni VBC (21), ML (24), SM (28), ES (22), JP (20), MA (18), OS (21) dan BK (19) yang kesemuanya merupakan warga jl.Kapt.Buchori Kelurahan Gunung Mesir Kecamatan Pasar Manna.
Saat penggrebekan anggota BNNK BS yang dipimpin oleh AKBP Ali Imron didapati VBC sedang mengkonsumsi “Jafa”, sementara sisa paket jafa diamankan untuk barang bukti. Jafa merupakan merupakan jenis tembakau super atau gorilats alias sipi komodo yang memiliki efek lebih dari ganja. Namun dalam Undang-Undang Narkotika Jafa tidak termasuk barang yang dilarang untuk di konsumsi atau dihisap.

Selanjutnya anggota BNNK BS melakukan penggeledahan dirumah ML dan ditemukan sisa paket biji ganja diatas lemari pakaian yang berada di dalam kamar tidurnya. Setelah cukup alat bukti, 8 orang warga Gunung Mesir tersebut di gelandang ke Kantor BNNK BS untuk dilakukan tes urine dan pemeriksaan lebih lanjut.

bnn-bsDari Hasil tes urine 4 diantara di nyatakan negatif yakni JP, MA, OS, dan BK. Keempatnya sudah dikembalikan kepada keluarga mereka. Sementara 4 orang lainnya yakni VBC, SM, dan ES positif mengandung metavitamin pada urinenya, sementara ML sebagai pemilik biji ganja dan sisa paket.
“8 orang yang kita amankan, dari hasil tes urine 4 negatif dan sudah dipulangkan, 3 positif menggunakan sabu dan 1 pemilik biji ganja serta sisa paket menjadi tahanan BNNK BS untuk dimintai keterangannya,”ujar Ali.

Ke empat orang yang kami tahan saat ini setelah melalui proses pemeriksaan, akan segera kami kirim ke BNN Provinsi Bengkulu untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dari keterangan ke tiga orang pemakai sabu ini, bahwa barang haram tersebut didapat dari kota manna termasuk jafa yang dipasok secara ilegal ke Bengkulu Selatan.

“Semua barang yang dikonsumsi mereka itu didapat dari kota manna. Dan untuk menekan peredaran Narkotika di Bengkulu Selatan, BNNK bersama aparat kepolisian serta dinas instansi terkait akan melakukan razia setiap malam minggu,”jelas ALI.(SAR)