Manna, Bengkulu Selatan; Terkait adanya 4 Desa di wilayah perbatasan Bengkulu Selatan- Kaur yang akan bergabung ke Bengkulu Selatan seperti yang disampaikan Irwan Tohir alias Ujang Taso warga Desa Tanjung Bulan Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur beberapa waktu lalu.

Ujang Taso mengatakan, 4 Desa yang berniat ingin bergabung kembali ke Bengkulu Selatan ini adalah Desa Padang tinggi, Desa Beriang Tinggi, Desa Tanjung Bulan dan Desa Sulawangi.

“4 warga Desa ini sudah 95 % ingin bergabung kembali ke Bengkulu Selatan,”ujar Ujang yang mewakili 4 Kepala Desa yang berkeinginan bergabung ke Kabupaten Bengkulu Selatan.

Keinginan warga 4 desa di Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur yang ingin bergabung ke Bengkulu Selatan itu bukan karena kurangnya perhatian Pemerintah Kaur. Akan tetapi karena jarak tempuh untuk berurusan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur cukup jauh hingga menempuh jarak 57 KM. Sementara kalau ke Bengkulu Selatan hanya menempuh jarak 31 km, “terang Ujang Tasok.

Selain itu beber Ujang, terkait masalah kesehatan masyarakat, mayoritas warga ke-empat Desa ini berobat ke RSUD-Hasanuddin Damrah Manna, karena jarak ke RSUD kaur cukup jauh. Dan masalah Ekonomi Bisnis mayoritas juga ke Bengkulu Selatan, ujarnya.

“Kami harap Bupati Bengkulu Selatan dapat menerima kami untuk kembali bergabung ke BS. Dalam waktu dekat kami akan ke Pemkab BS untuk bertemu Bupati Dirwan Mahmud,” papar Ujang Tasok.

Sementara Bupati BS H Dirwan Mahmud, SH ketika dikonfirmasi usai menghadiri rapat paripurna DPRD (17/10), dengan keseriusan mengatakan, ia siap menerima desa di Kabupaten Kaur yang ingin bergabung ke Kabupaten BS. Pasalnya bergabungnya keempat desa merupakan keinginan warga dan bukan ada unsur paksaan.

“Ia kalau warga desa di kabupaten Kaur ingin bergabung sah-sah saja saya siap menerima. Dan kapan diperlukan silakan temui saya. Namun semuanya harus sesuai prosedur dan aturan perundang-undangan,”ujar Bupati.(SAR)

incoming search terms:

  • Kabar Bintuhan