Bengkulu Selatan, Bengkulu; Sebanyak 600 orang guru dan ternaga pendidik lainya dan 700 orang siswa SD, SMP se Kabupten Bengkulu Selatan memadati Gedung Pemuda Manna untuk mengikuti acara nonton bareng (nobar) film inspiratif yang digelar Direktorat Sejarah Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hari ini (20/7).
Acara nobar yang dibagi dalam dua seasion, pertama seasion untuk guru dan tenaga pendidik lainnya berjumlah 600 orang, seasion kedua adalah khusus untuk para siswa dari 15 Sekolah Dasar (SD) dan 10 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bengkulu Selatan berjumlah 700 orang.

Registrasi peserta nobar oleh panitiaPada Seasion pertama para guru diberikan uang transport sebesar Rp.70.000,- , Body Bag, CD, Sertifikat serta snack dan konsumsi makan siang. Begitu juga halnya pada seasion kedua sebanyak 700 orang siswa SD dan Smp mendapatkan uang transport sebesar Rp.30.000,-, baju kaos, tas dan konsumsi makan siang sebelum masuk acara.

Acara nobar film inspiratif Direktorat sejarah Dirjen Kebudayaan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DIKPORA) Bengkulu Selatan yang merupakan salah satu program kegiatan Dirjen Kebudayaan yang bertema Persemaian Nilai Budaya Sebagai Penguat Karakter Bangsa.
Nobar secara resmi dibuka Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH, pada acara itu dihadiri oleh Direktur Sejarah Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Drs.Triana Wilandari, M.Si berserta rombongan, Plt.Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bengkulu Selatan Drs.A.Zein Hous, Kabid Dikdas Amir Sofyan, M.Pd serta 600 orang guru dan tenaga pendidik lainnya sebagai peserta nobar film inspiratif yang berjudul “Kita Versus Korupsi”.

bup bs bersama dir sejarahDalam Kata Sambutannya Direktur Sejarah Dirjen Kebudayaaan Kemendikbud mengatakan, nobar ini sudah masuk pada tahun yang kelima dalam persemaian nilai budaya yang merupakan program unggulan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud. Tujuan program persemaian nilai budaya Dirjen kebudayaan khususnya Direktorat Sejarah adalah agar guru mendapatkan pengetahuan melalui film inpiratif untuk memberikan suri tauladan kepada anak didiknya untuk memperkaya wawasan kebangsaan siswa dan guru.

“Medorong tumbuhnya inpirasi, inovasi, dan daya kreatif dalam memberikan pengetahuan kepada siswanya. Ini merupakan metode baru dalam dunia pendidikan bahwa guru tidak selalu berada dalam ruangan belajar tetapi melalui media-media yang salah satunya dengan nobar film inspiratif ini,”Ujar Triana.

Bup Bs SambutanBupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH saat menyampaikan kata sambutanya mengatakan, dengan adanya nobar film inspiratif ini akan menambah bekal ilmu dalam menanamkan nilai-nilai budaya untuk pendidikan karakter bangsa.

“tahun ajaran baru ini jika tidak ada halangan Pendidikan di Bengkulu Selatan ini terbebas dari segala biaya atau gratis. Untuk priode kedepan prioritas APBD untuk pendidikan dan Pertanian agar dunia pendidikan di Bengkulu Selatan menjadi lebih baik,” Ucap Bupati.

peserta nobarsiswa pesrta nobarDisisi lain Kabid Dikdas Dinas Dikpora Bengkulu Selatan Amir Sofyan, M.Pd di dampingi oleh salah seorang kasi Dirjen Kebudayaan Benny dan Ikbal Kasi Peristiwa Sejarah Dirjen Kebudayaan Kemendikbud mengatakan, bahwa tahun-tahun sebelumnya kegiatan nobar ini sudah dilakukan dan baru tahun ini kegiatan nobar ini diswakelolahkan.

“Kegiatan ini sudah di mulai dari tahun 2012, namun baru tahun ini kegiatan nobar ini diswakelolahkan. Harapan kami dengan adanya acara ini agar nilai-nilai budaya tetap tertanam dalam diri kita untuk membentuk bangsa yang lebih berkarakter,”ucap Benny.

Ditambahkan Kabid Dikdas Amir Sofyan, M.Pd, acara ini ada dua seasion, pertama untuk guru dan yang kedua untuk siswa SD dan SMP di Bengkulu Selatan.

“Pada seasion kedua nanti siswa SD dan SMP akan menonton film yang berjudul Hasduk Berpola. Pada film ini terdapat banyak inpirasi agar jiwa nasionalisme dan patritosme bisa terbentuk hingga generasi muda terutama di Bengkulu Selatan ini menjadi lebih berkarakter,”terang Amir.(SAR)