Manna, Bengkulu Selatan; 7 orang warga Bengkulu Selatan (BS) yang mengalami gangguan jiwa dan saat ini masih di pasung oleh pihak keluarga, akan segera di evakuasi ke Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Bengkulu.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Nakertransos) Bengkulu Selatan H.Darmin, SE melalui Kasi Rehabilitasi bidang sosial Agus Suharto, SIP.

“Insya allah akhir Oktober atau awal November ini, 7 korban pasung di BS akan dievakuasi di RSJKO Bengkulu,” kata Agus.

Dijelaskan Agus, 7 warga korban pasung tersebut, yakni 1 orang warga Desa Padang Manis Kecamatan Manna, 2 warga Desa Batu Ampar Kecamatan Kedurang, 1 warga Desa Batu Kuning, 1 warga Kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna, dan 1 warga Desa Suka Negeri Kecamatan Air Nipis serta 1 lagi warga Kecamatan Bunga Mas.

Untuk biaya evakuasi, akan ditanggung pihak keluarga melalui BPJS. Sehingga bagi yang belum punya kartu BPJS, maka pihak keluarga dapat segera mengurusnya, agar saat evaluasi berlangsung, kartu BPJS sudah di tangan.

“Untuk biaya rehabilitasi korban, pihak keluarga akan menggunakan kartu BPJS,” ujar Agus.

Ditambahkan Agus, sejak beberapa tahun terakhir melakukan evakuasi terhadap korban pasung di BS, sudah ada 38 orang korban pasung di BS yang dievakuasi. Hasilnya, mereka yang sudah kembali, sudah bisa bergaul kembali di tengah-tengah masyarakat.(SAR)