KPKKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menahan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng pada Kamis, 17 Oktober 2013. Andi diperiksa sebagai tersangka dalam kasus korupsi proyek Stadion Hambalang di Bogor.

Andi tampak keluar dari ruang pemeriksaan KPK sekitar  pukul 16.00 WIB. Yang langsung disambut puluhan wartawan di depan pintu ruang tunggu pemeriksaan,dan seperti biasa  Andi pun langsung tersenyum.

Andi tiba di kantor K P K, Jakarta, sekitar pukul 10.05 WIB. Dengan didampingi sejumlah kolega, antara lain mantan Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ifdhal Kasim, Andi tampak berjalan kaki dari pintu gerbang menuju loby kantor K P K. Pria berkumis tebal itu sempat memberikan pernyataan kepada wartawan.

Andi Malarangeng ditetapkan sebagai tersangka karena diduga telah menyalahgunakan kewenangannya pada proyek gedung olahraga di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor. Penyalahgunaan ini disebabkan karena Andi diduga membiarkan adanya manipulasi pelelangan proyek, penggelembungan anggaran, serta subkontrak. Andi ditetapkan sebagai tersangka sejak Desember tahun 2012.

Komisi PemberantasanKorupsi juga memeriksa empat orang saksi dalam kasus Hambalang ini. Ke empat saksi tersebut adalah Wayan Jaya Parta, pegawai Ba Droll Unique Furniture, Sri Andayani I Gusti Ayu Ngurah, karyawan PT Adhi Karya Ni Wayan Sumantri dari PT Bali Cipta Mandiri, dan I Ketut Redika, karyawan PT Adhi Karya.

Dalam wawancara dengan awak media Andi Malarangeng Ia sempat menyampaikan sejumlah kalimat sebelum memasuki ruang tahan. “Hari ini saya memulai penahanan sesuai ketentuan KPK. Saya menerima ini sebagai proses untuk mempercepat penuntasan kasus ini,” kata Andi Mallarangeng.

Andi selanjutnya menyatakan siap mengikuti ketentuan Komisi Pemberantasan Korupsi. Termasuk apabila (KPK) langsung menjebloskannya ke tahanan usai menjalani pemeriksaan hari ini. Sebab dia tak memungkiri sudah menyiapkan koper berisi pakaian jika benar KPK memasukkannya ke tahanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.