Manna, Bengkulu Selatan; Akibat hujan deras yang mengguyur Bengkulu Selatan kemarin, sungai air Manna meluap sehingga mengakibatkan banjir di area persawahan Dusun Lakaran Desa Ketaping Kecamatan Manna.

Banjir yang melanda area persawahan tersebut pada hari Senin (05/12) sekira pada pukul 05.00 wib subuh. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang warga Bain (40).

banjir-2

“Banjir ini akibat hujan deras kemarin sehingga air Manna meluap dan masuk area persawahan Dusun Lakaran Desa Ketaping,”ujar Bain.

Ditambahkan Bain, bukan hanya area persawahan, namun puluhan rumah warga yang berada di sekitar area banbjir pun terancam direndam banjir. Beruntung pada saat terjadinya banjir tidak menelan korban jiwa, tapi sangat dikhawatirkan padi yang baru berusia 2 minggu setelah ditanam warga akan hanyut terbawa arus.

“Ada ratusan hektare sawah yang sudah ditanami padi terendam banjir, beruntung rumah warga sekitar belum terendam banjir,”terang Bain.

banjir

Dilanjutkan Bain, bila hujan deras dimalam hari warga sering bergadang karena khawatir luapan sungai air Manna merendam rumah warga. Seperti yang terjadi lima tahun silam, p[uluhan rumah warga direndam banjir akibat hujan deras.

“Banjir kali ini mencapai 1,5 meter, sehingga membuat area persawahan tergenang air seperti lautan,”kata Bain.

Kejadian berbeda di Desa Durian Seginim Dusun Pagar Batu Kecamatan Seginim yang mengalami amblasnya pinggir jalan sekitar 20 meter. Beruntung kejadian tersebut tidak memakan badan jalan lintas seginim.

”Akibat hujan deras sehingga menyebabkan meluapnya sungai Air Nipis. Akibat derasnya arus sungai, terjadilah penggerusan tanah dan menyebabkan pinggir jalan amblas,”demikian Noprizal kades Durian Seginim.(SAR)