Manna, Bengkulu Selatan; 8000 batang bibit pala hari ini mulai dibagikan secara gratis oleh Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Bengkulu Selatan kepada masyarakat yang sudah melalui verifikasi oleh tim tekhnis Dinas sebagai penerima bantuan bibit tersebut. Sementara dalam rentang waktu 2 minggu kedepan dijadwalkan untuk pembagian bibit kelapa sawit sebanyak 50 ribu batang.

pala
Sekelompok masyarakat menerima bantuan bibit pala ketika mengambil bibit bantuan di lokasi pembibitan Dinas Pertanian Bengkulu Selatan

Plt Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan (BS) Ir Trisman, melalui Kabid Perkebunan Rudi Siswandi, didampingi PPTK Kegiatan Pengembangan Bibit Unggul Perkebunan dan Pertanian, Tamsil, ketika dikonfirmasi mengatakan, sebanyak 50 ribu bibit sawit pengadaan tahun 2015 yang lalu itu akan di bagikan tahun ini (2016) ke pada masyarakat di 7 Kecamatan yang wilayahnya bukan merupakan daerah resapan air. Sementara 4 Kecamatan lagi yakni, Kecamatan Ulu Manna, Seginim, Air Nipis dan Kecamatan Kedurang mendapat bantuan bibit pala.

pala-1
Bantuan bibit sawait yang siap untuk di bagikan kepada masyarakat di 7 Kecamatan dalam wilayah Bengkulu Selatan

“Karena empat Kecamatan ini merupakan wilayah resapan air dan tidak diperbolehkan untuk menanam sawit, maka sebagai penggantinya diberikan bibit Pala gratis sebanyak 8 ribu batang. Untuk bibit pala hari ini masyarakat sudah banyak yang mengambil. Sedangkan untuk bibit sawit yang disubsidi Pemerintah sebesar Rp 10 ribu per batangnya, akan dibagikan sekitar dua minggu lagi,” kata Tamsil.

Menurut PPTK Kegiatan ini, permintaan bibit sawit di Kabupaten Bengkulu Selatan ini masih cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya permohonan dari masyarakat yang masuk ke Dinas Pertanian.

“Untuk calon penerima bibit sawit ini sekarang masih kita verifikasi, yang nantinya akan disesuaikan dengan hasil cek fisik lahan petani masing-masing,” ujar Tamsil.

Program kegiatan Pengembangan Bibit Unggul Pertanian/Perkebunan Kabupaten Bengkulu Selatan yang dianggarkan melalui APBD Tahun 2015. Setelah melalui proses pembibitan, tahun 2016 seluruh bibit segera disalurkan.(SAR)