Gunawan Suryadi, S.Sos Kepala Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan

Manna, Bengkulu Selatan; Sarana dan Prasarana (Sarpras) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Selatan menjadi perhatian khusus bagi para Auditor dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kantor perwakilan Provinsi Bengkulu setelah menyelesaikan audit Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) pada Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan, Kamis (19/10) yang lalu.

Kepala Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan, Gunawan Suryadi, S.Sos mengatakan, hasil tim Audit dari BPK Perewakilan Provinsi Bengkulu yang bertugas selama 2 bulan ini di Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan telah disampaikan melalui Rekomendasi BPK ke Pemda Bengkulu Selatan.

“Sarpras menjadi sorotan utama BPK, karena Dinas Dukcapil merupakan kantor pelayanan publik yang langsung bersentuhan dengan masyarakat secara luas dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan. Gedung merupakan salah satu fasilitas yang harus lebih diutamakan untuk kenyamanan bagi masyarakat dalam proses Adminduk,”ujar Gunawan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menyampaikan setelah menerima tim auditor BPK , bahwa berdasarkan hasil dari Tim Auditor ditemukan 75 % masyarakat Bengkulu Selatan merasa puas terhadap pelayanan yang dilakukan Dinas Dukcapil, sementara 25 % merasa belum puas karena fasilitas yang belum mendukung sehingga terkesan untuk pelayanan masih agak lamban.

“Memang diakui kalau fasilitas Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan belum memadai karena untuk gudang pengarsipan saja masih belum bagus, apalagi gedung untuk pelayanan yang memang belum sempurna. Hal itu karena terkendala pada anggaran,”demikian Gusnan.(SAR)