Manna, Bengkulu Selatan; Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI berikan penghargaan PASTIKA PARAHITA kepada Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH. Pemberian penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI dalam acata aliansi Bupati/Walikota dan Pemberian Apresiasi dari Menkes dalam pengendalian Konsumsi Hasil Tembakau di Yogyakarta pada Rabu Kemarin (12/07).

“Penghargaan Pastika Parahita ini sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah Pusat kepada Pemda Bengkulu Selatan yang sudah memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) Pengendalian Konsumsi Hasil Tembakau. Langkah yang diambil Pemda Bengkulu Selatan melalui Dinas Kesehatan dengan membuatkan Smoking Area dan mensosialisasikan tentang bahaya merokok kepada warga Bengkulu Selatan,”terang Dirwan.

Dikatakan Dirwan, Perda kawasan tanpa rokok (KTR) tersebut diharapkan dapat ditegakan dan dipatuhi oleh ASN dan seluruh lapisan masyarakat perokok demi untuk kebaikan bersama.

“Smoking Area sudah tersedia, dan jangan lagi merokok disembarang tempat. Sosialisasi bahaya merokok ini harus tetap dilaksanakan terutama untuk kaum anak-anak dan remaja khusunya di Bengkulu Selatan,”ujar Dirwan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan M.Arief Redwan, MPH mengatakan, pemberian penghargaan Pastika Parahita berdasarkan surat Dirjend Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Nomor : PM 04.01/1/1677/2017 tanggal 21 Juni, tentang Undangan Penerimaan Penghargaan Bupati dalam Implementasi KTR. Pemberian penghargaan ini diberikan kepada Bupati Bengkulu Selatan atas komitmennya dalam melindungi perokok pemula dan masyarakat dari bahaya merokok dalam bentuk Perda KTR.

“Kebijakan pak Bupati terhadap kawasan tanpa rokok telah dibuktikan dengan telah dibangunnya smoking area di beberapa titik termasuk ditempat umum,”lanjut Redwan.
Bukan hanya itu, Dinkes juga giat melakukan penyuluhan kepada masyarakat mulai dari anak-anak remaja hingga dewasa tentang bahaya merokok.(SAR)