Bengkulu Selatan, Bengkulu; Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH tidak main-main untuk menindak oknum Kepala Desa yang bila terbukti menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) tidak sesuai dengan hasil musyawarah Desa atau memang tidak melakukan musyawarah untuk penggunaa dana tersebut.
Hal ini disampaikan Bupati kepada awak media usai menghadiri halal bil halal Dharma Wanita Persatuan Bengkulu Selatan di Gedung Pemuda Manna. Bila terbukti Kades menggunakan ADD untuk kepentingan pribadi maka akan kita proses secara hukum dan di berhentikan dengan tidak hormat.

Buapti BS saat menyampaikan sambutan hbh dwp BS“Saya ingatkan kembali untuk seluruh Kepala desa di Bengkulu Selatan agar jangan sampai menggunakan ADD tidak sesuai dengan peruntukan pada saat musyawarah Desa. Apalagi untuk kepentingan pribadi,” ujar Bupati.

Lebih lanjut Dirwan mengatakan, gunakanlah dana ADD tersebut untuk pembangunan sesuai dengan rancangan pembangunan desa. Karena sudah banyak laporan yang sampai dengan Bupati bahwa ada oknum Kepala Desa yang menggunakan dana ADD ini untuk kepentingan pribadi.
“Ada laporan dari masyarakat bahawa di Desa Padang Beriang Kecamatan Pino Raya dana ADD ini dibelikan kendaraan pribadi dan alat untuk hiburan berupa Organ Tunggal. Atas laporan tersebut Bupati menugaskan Inspektorat Daerah untuk menyelidiki kebenaran tentang laporan masyarakat itu,”terang Dirwan.
“Bila laporan masyarakat tersebut benar adanya, maka Kades harus siap-siap berurusan dengan hukum, dan bila sudah terbukti maka kades itu akan diberhentikan dengan tidak hormat sebagai sanksinya. Setelah itu baru diproses sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku,”tegas Dirwan.
Saat disinggung tentang tuntutan masyarakat Desa Padang Serasan kecamatan Pino Raya yang menginginkan Kades Padang Serasan di berhentikan dengan tidak hormat, Bupati mengatakan bahwa Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap yang bersangkutan baru diterimanya.
“LHP nya baru saya terima dan akan dipelajari dahulu setelah itu baru ada keputusan. Bila terbukti bahwa Kades Padang Serasan ini memang terbukti melakukan perbuatan perselingkuhan maka akan diberhentikan secara permanen,”tutup Bupati.(SAR)