Bengkulu Selatan, Bengkulu; Hari Anak Nasional ( HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli diperingati oleh seluruh anak-anak se Indonesia. Hari ini merupakan Puncak Peringatan HAN di Bengkulu Selatan setelah sebelumnya peringatan HAN diisi dengan berbagai lomba mulai dari anak-anak tingkat PAUD/TK, SD, SMP hingga SMA se Bengkulu Selatan pada hari Senin (08/8) kemarin.

TUHIRUDINKegiatan yang diselenggarakan oleh BPP-KB Bengkulu Selatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Wahana Visi Indonesia, dan Pemda Bengkulu Selatan. Acara puncak peringatan HAN diisi dengan kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang merupakan salah satu bentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang merupakan perilaku sederhana berdampak luar biasa. Hala ini disampaikan oleh kasi Promo Kesehatan (PromKes) Dinas Kesahatan Bengkulu Selatan Lensi Afriani, S.Far, Apt kepada reporter radio artha sebelum acara di mulai.

BUP DAN KAsi Intel Jaksa“Acara puncak peringatan HAN ini kita isi dengan CTPS yang merupakan salah satu bentuk PHBS yang merupakan perilaku sederhana berdampak luar biasa,”ujar Lensi.

Acar puncak peringatan HAN dihadiri oleh Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, Sesda BS Rudi Syahrial, Kajari Bengkulu Selatan yang diwakili oleh kasi Intel Gusmilansyah, SH, Waka Polres, Ketua Pengadilan Negeri, Seluruh Kepala SKPD, guru pendamping serta anak-anak mulai dari tingkat PAUD/TK, SD, SMP, dan SMA Bengkulu Selatan.

PATBMKepala BPP-KB Bengkulu Selatan Tuhirudin, SE saat menyampaikan kata sambutan mengatakan, di Bengkulu Selatan saat ini sudah terbentuk Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Kemasyarakatan (PATBM) di Kecamatan Seginim dan Kecamatan Manna. Dan mudah-mudahan kedepan nanti akan terbentuk PATBM ini di setiap kecamatan.

“Di Bengkulu Selatan ini sudah terbentuk 2 PATBM yaitu di Desa Kota Padang Kecamatan Manna dan di Desa Pasar Baru Kecamatan Seginim. PATBM merupakan tenaga kerja sosial yang siap diterjun ke masyarakat setelah mendapat bimbingan pelatihan beberapa hari di Bengkulu dan masing-masing PATBM ini berjumlah 10 orang,”jelas Tuhirudin.

Bup BSSebelum menyampaikan kata sambutannya Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH meberikan hadiah berupa uang secara langsung sebesar Rp.100 ribu kepada 12 orang yang menjuarai berbagai lomba menjelang puncak peringatan HAN.

Pada sambutannya Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH mengatakan pentingnnya pembinaan yang serius terhadap anak-anak sebagai generasi penerus Bangsa dan hindarkan kekerasan terhadap anak, diskriminasi, pelecehan sexsual terhadap anak usia dini.

CTPS“Generasi Penerus Bangsa ini harus kita jaga, kita bina, kita arahkan mereka kepada hal-hal yang positif dan berikan ruang buat mereka untuk berkarya dan berkretifitas sehingga anak-anak ini nantinya akan menjadi generasi penerus yang tangguh, kreatif dan cerdas untuk kehidupan Bangsa dan Negara khususnya untuk wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan,”terang Bupati.

Di penghujung acara Bupati Bengkulu Selatan mengajak anak-anak untuk melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) di tempat yang sudah di sediakan oleh panita.(SAR)