Manna, Bengkulu Selatan; Hari ini (19/12) Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH buka acara deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Desa Padang Burnai Kecamatan Bunga Mas yang dihadiri perwakilan Desa Tumbuk Tebing Kecamtan Bunga MAs, perwakilan Desa Mela’o Kecamatan Manna, perwakilan Desa Ulak Lebar, Desa Sebilo, Desa Batu Panco Kecamatan Pino, seluruh unsure FKPD, SKPD dan sejumlah tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam acara Deklarasi ODF ini, Bupati BS Dirwan Mahmud mengimbau kepada masyarakat diperdesaan agar tidak BAB (Buang Air Besar) sembarangan. Sebab dengan BAB sembarangan akan mengundang berbagai penyakit, seperti diare, penyakit Malaria dan penyakit lingkungan lainnya.

“Untuk mecegah penyalit dilingkungan kita, mulai sekarang Stop Buang Air Besar Sembarangan,” pesanBupati BS Dirwan Mahmud dalam sambutannya pada acara deklarasi ODF di desa Padang Burnai, Kecamatan Bunga Mas, Senin (19/12/16).

Bupati Bengkulu Selatan ini berharap, kepada masyarakat khususnya dipedesaan untuk dapat merubah prilaku buruk selama ini. Dengan merubah prilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat ini, dan melaksanakan program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). Maka penyakit diare dan penyakit yang berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan prilaku masyarakat akan tertekan sehingga masyarakat Bengkulu Selatan terbebas dari berbagai penyakit tersebut.(SAR)