Manna, Bengkulu Selatan; Pengurus Bunda Literasi Kabupaten Bengkulu Selatan, pada hari ini (27/12) secara resmi dilantik Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH. Hal ini membuktikan keseriusan pemerintah untuk mengembangkan perpustakaan hinga ke Desa-Desa di Bengkulu Selatan.

Acara pelantikan yang bertempat di gedung pemuda Manna dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Daerah (Perpusda) Sri Gusti Sabana, para Camat beserta stafnya, para KEpala Desa dan pengurus Perpustakaan Desa (Perpusdes).
Ketika menyampaikan sambutannya, Bupati Bengkulu Selatan mengatakan, setelah dilantiknya pengurus Bunda Literasi KAbupaten Bengkulu Selatan, diharapakan dapat meningkatkan minat baca dikalangan masyarakat hingga Perpusdes dapat berjalan dengan baik.

“Dengan kemajuan ilmu dan tekhnologi sekarang ini, diharapkan masyarakat di seluruh pedesaan di Bengkulu selatan dapat dengan maksimal memanfaatkan perpusdes yang ada, agar bias menambah wawasan pengetahuan yang lebih tinggi lagi,”ujar Bupati.

Usai Acara pelantikan tersebut, Kepala Perpusda Bengkulu Selatan Srigusti Sabana mengtakan, ada beberapa setrategi pokok yang harus dilaksanakan perpuseru.

“Pertama peningkatan kapasitas staf perpustakaan, penyediaan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi (TIK), advokasi dan membangun kemitraan, serta tidak luput selalu monitoring dan evaluasi,” papar Srigusti.

Ditambahkannya, untuk kabupaten Bengkulu Selatan, Perpuseru di tahun 2016 ini telah memberikan stimulan kepada 4 Perpustakaan Desa (Perpusdes) di Kabupaten ini, yaitu masing-masing berupa 3 unit Komputer lengkap.

“Bantuan tersebut diperoleh dari Coca cola Foundation, dan diberikan ke Pepusdes Desa Pasar Pino, Kecamatan Pino Raya, Desa Padang Manis dan Desa Melao Kecamatan Manna, serta Trans Sulau Kecamatan Kedurang Hilir,” terang Srigusti.

Dilanjutkan Srigusti, Perpusda saat ini membuka pendaftaran untuk pelatihan Tekhnologi Informasi Komputer (TIK). Hingga saat ini sudah 120 orang yang mendftarkan diri,”kata Srigusti Sabana yang lebih akrab dipanggil Bungsu Gadis Sabana.(SAR)