Bengkulu Selatan, Bengkulu; Harapan para nelayan Pasar Bawah agar selamat dari amukan ombak di pintu alur mauara Sungai Air Manna, saat pulang pergi melaut sepertinya bakal terwujud. Pasalnya Pemda Bengkulu Selatan (BS) memperjuangkan anggaran untuk pengerukan alur muara Sungai Air Manna dan pemasangan penahan gelombang. Besaran dana yang disiapkan mencapai Rp 100 miliar.
Menurut Ir.Iskandar selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum(Kadis PU) Bengkulu Selatan (BS), pengerukan dan pemasangan penahan gelombang tersebut dimaksudkan, agar muara Sungai Air Manna tidak tertutup material, sehingga perahu nelayan tidak kesulitan keluar masuk muara sungai.
Begitu juga dengan pembangunan penahan gelombang, agar ombak laut yang sampai ke pantai tidak besar. Sehingga perahu tidak akan dihantam gelombang besar saat keluar masuk muara Sungai Air Manna. “Dengan adanya pengerukan alur dan pembuatan penahan gelombang ini, kedepan kekhawatiran nelayan kapal karam di pinggir pantai tidak terjadi lagi,” ujar Iskandar.
Ditambahkan Iskandar, pelaksanaan pengerukan alur dan pemasangan penahan gelombang ini, diperkirakan pada tahun 2017 mendatang. Anggaran tersebut akan diusulkan pada Rencana anggaran pendapatan belanja daerah RAPBD) 2017. kemudian diharapkan mendapat persetujuan DPRD BS.
“Mudah-mudahan 2017 pengerukan alur sungai air manna di pantai pasar bawah serta pemasangan penahan gelombang sudah bisa direalisasikan,” tutup Iskandar.(SAR)