Manna, Bengkulu; Mewujudkan percepatan pembangunan pedesaan. Selain ditunjang dengan adanya dana desa. Pentingnya peran serta pemerintah mengalokasikan tambahan dana dimana peran pemerintah sudah nyata untuk merelisasikan sebagian dana membangun jalan sentara produksi pertanian.
Namun untuk mencapai akan hal itu secara merata, masyarakat masih membutuhkan uluran tangan pemerintah dimana masih banyak jalan sentra produksi untuk menuju lokasi pertanian dibutuhkan pembangunan peningkatan jalan. Hal ini sebagaimana yang diutarakan kades Talang Padang, Kecamatan Pino Raya Yasun Asri.
Dijelaskan Kades, peran serta pemerintah masih sangat besar menyukseskan pembangunan percepatan jalan sentra produksi pertanian. Dimana Desa setempat masih butuhan bantuan pemerintah mintak direlisasikan pembangunan jalan sentara produksi dari Talang Tais menuju Dekut sepanjang 3 Km. Yang merupakan jalan alternatif warga menuju area pertanian dan perkebunan.
Lanjut Kades, langka dicapai untuk direlisasikan pembangunan sentra produksi yaitu mengajukan proposal ke dinas pertanian dan dinas PU sebagai tembusan yaitu DPRD. Begitupun usulan tersebut, sudah dimasukan melalui musrenbang kecamatan dan Kabupaten. Kita sangat berharap ada dukungan DPRD, Bupati supaya usulan ini dengan muda terelisasi,’’terangnya.
“Kami ingin melihat ada kemajuan pembangunan di Desa ini, yaitu jalan sentra produksi pedesaan dibangun. Rutinitas warga yang berpenghasilan sebagai petani sangat bergantung kepada kelancaran transportasi dan kondisi jalan. Selaku perwakilan warga, sangat membutuhkan pembangunan jalan sentra pertanian,’’pungkas Kades.(SAR)