Bengkulu Selatan, Bengkulu; Pertemuan Sosialisasi dan Advokasi Pembentukan Pos Malaria Desa (Posmaldes) di Kabupaten Bengkulu Selatan pada hari ini di aula Ar-raudah Kota Manna. Acara yang secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan Novianto, S.Sos, M.Si, dihadiri oleh perwakilan Puskesmas Se Bengkulu Selatan, Ketua Tim Penggerak PKK Ny.Isnaeni Dirwan bersama anggota, perwakilan seluruh kecamatan, serta Camat Kota Manna.

posmaldes 2Dalam sambutannya Novianto mengatakan, pembentukan posmaldes ini merupakan merupakan salah satu cara untuk mencegah penyakit malaria di kalangan masyarakat. Diketahui bahwa Bengkulu Selatan termasuk nomor urut ke 5 di Provinsi Bengkulu dalam kategori daerah terjangkit Malaria.

Dilanjutkan Novianto melalui sosialisasi ini diharapkan mampu untuk mencegah penyakit malaria, oleh sebab itu dibutuhkan kerja sama yang baik antar sektoral.

“Sosialisasi ini merupakan langkah kita untuk menekan penyakit malaria dikalangan masyarakat Bengkulu Selatan. Kerjasama dengan berbagai sektor perlu dilakukan agar mampu menosialisasikan pencegahan maria ini di wilayah kerjanya masing-masing,”ujar Novianto.

posmaldes 1Kegiatan pertemuan sosialisasi dan advokasi pembentukan Posmaldes di Bengkulu Selatan menghadirkan dua orang nara sumber dari Dinas Kesahatan Provinsi Bengkulu yaitu Ahmad Yuliansyah dan Dessy Arisandi, SKM.

Ahmad Yuliansyah dalam pemaparannya mengatakan Provinsi Bengkulu pada tahun 2015 yang lalu meraih ranking nomor 6 se Indonesia yang paling banyak teridentifikasi Malaria. Maka penting untuk segera diadakan tindakan antisipasi pada tahun 2016 ini. Maka dibentuklah POSMALDES dengan kader-kader yang akan mendapatkan pelatihan dari Dinkes Provinsi.

posmaldesHal Berbeda yang disampaiakan oleh Dessy Arisandi, Posmaldes itu terdiri dari 5 orang masyarakat yang berada di desa yang paling banyak terkena penyakit malaria. Langkah yang akan ditempuh untuk pembentukan posmaldes adalah dengan adanya Advokasi, Sosialisasi, Penentuan Lokasi, Perekrutan Kader dan Pembekalan Kader.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penularan Lainnya (P2PL) Saharudin, M.Kes merencanakan pada tahun 2017 akan segera terbentuk posmaldes di setiap Puskesmas, guna untuk mensukseskan Bengkulu Selatan tahun 2018 tereleminasi dari penyakit malaria.

“Target 2018 Bengkulu Selatan harus tereleminasi dari terjangkitnya penyakit malaria,”terang Saharudin yang diamini ketua panitia pelaksana Ferizon Dasirul, SKM.(SAR)

incoming search terms:

  • posmaldes