Bengkulu Selatan, Bengkulu-Kondisi cuaca ekstrim akhir-akhir ini, membuat sejumlah nelayan di Pasar Bawah Kabupaten Bengkulu Selatan, mulai mengerutkan kening. Pasalnya sejak seminggu terakhir ini ratusan nelayan di Pasar Bawah  tidak berani keluar untuk menangkap ikan. Dikarenakan gelombang besar dan cuaca yang tak menentu.

“Kalau kita paksakan tetap melaut dengan kondisi cuaca seperti ini takutnya nanti bahaya,” ujar Ipul (30) nelayan yang tinggal disekitar Pasar Bawah.

Dikatakannya, aktifitas melaut terpaksa dihentikan menunggu kondisi cuaca normal, selain melejitnya harga ikan sejumlah nelayan mengaku mulai mengalami kerugian besar. Perahu yang sebelumnya ditambatkan ditengah lautan mulai didaratkan antisipasi terjadi perubahan cuaca yang mendadak mengakibatkan kerusakan perahu mereka.

“Kami sudah beberapa hari ini tidak melaut perahu juga kami tambatkan di daratan,” keluhnya.

Keluhan yang sama juga disampaikan Minin (35) . Kata meraka kondisi ini membuat uang saku nelayan mulai menipis dan mengancam kesejahteraan mereka bila terus berlanjut. Para nelayan ini memilih melakukan aktivitas dirumah sembari memperbaiki peralatan tangkap ikan seperti jarring dan pancing.

“Mudah mudahan kondisi ini tidak berlangsung lama sebab kami juga merasa kesulitan,” ujar mereka.

Ditambahkan Ipul walaupun kondisi cuaca buruk ikan tetap banyak di Tempat Pelelangan Ikan Di Pasar Bawah karena Ikan dipasok dari luar Kabupaten. Ikan yang banyak disini bukan dari tangkapan nelayan sini akan tetapi berasal dari Kabupaten luar tapi ikannya tidak sesegar tangkapan nelayan sini karena ikan nya sudah dibekukan, tutup Ipul.(dc)