Manna, Bengkulu Selatan; Ratusan PNS yang masuk ke lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan karena pindah tugas. Pegawai Negri Sipil (PNS) sudah diterima berkerja di lingkungan pemkab Bengkulu Selatan (BS) baik di staf kantor bupati atau di instasi terkait dalam hal ini SKPD.

Sekda Bengkulu Selatan (BS) Rudi Zahrial, SE ketika ditemui di ruang kerja (21/9) kemarin mengaku jika ada ratusan PNS dari kabupaten tetangga serta dari Provinsi sudah bertugas di lingkungan pemkab Bengkulu Selatan (BS). Banyaknya PNS di pemkab Bengkulu Selatan (BS) tak dimungkiri akan mempengaruhi biaya beban daerah. Sebagaimana biaya penggajian PNS yakni melalui anggaran belanja daerah yang dianggarkan dari Dana Alokasi Umum (DAU).

“Ia saat ini ada ratusan PNS dari luar kabupaten berkerja di lingkungan pemkab Bengkulu Selatan (BS). Bahkan persetujaun tersebut sudah disetujui bupati. Sebagaimana ada rekomendasi tinta hijau yang diposisi bupati. Artinya selaku sekda tidak ada alasan tidak menyetujui PNS pindah tugas berkerja di lingkungan pemkab Bengkulu Selatan (BS).

Banyaknya PNS diterima berkerja di lingkungan pemkab Bengkulu Selatan bila dibanding PNS pemkab Bengkulu Selatan yang keluar. Saat ini terdata hanya mencapai 20 orang PNS asal Bengkulu Selatan yang pndah atau keluar dari Bengkulu Selatan.

Bila penerimaan PNS terus dibiarkan jelas mempengarhui dan menambah beban daerah. Yang mana beban daerah sebelumnya sudah mencapai 56 persen. Bisa saja beban tersebut bertambah mencapai angka diatas 65 persen, lantaran PNS di Bengkulu Selatan berlebih. Sementara biaya penggajian PNS selama ini semuanya dianggarkan dari Dana Alkokasi Umum (DAU).

“Kita berharap  Bupati dapat membatasi untuk penerimaan PNS yang akan masuk. Sebagaimana PNS pemkab keluar tidak sebanding dengan PNS masuk,’’kata Rudi.

Menurut Rudi, pembatasan atau penerimaan PNS dapat diterima berkerja di lingkungan pemkab Bengkulu Selatan (BS) tak dimungkiri kewenangan ada di bupati. Ia mengakui jika PNS ajukan permohonan berkerja di lingkungan pemkab Bengkulu Selatan terlebih ada rekomendasi tinta hijau. Hingga saat ini tidak satupun dihambat,’’ujar Rudi.

Sambung Rudi, banyaknya peminat PNS dari kabupaten tetangga masuk kerja di lingkungan pemkab Bengkulu Selatan. Ini bisa karena kemampuan managerial yang dimiliki sehingga kinerjanya dapat mendongkrak kemajuan pelayanan. Peran PNS diakui menjadi tolak ukur dalam pelayanan. (SAR)