Manna, Bengkulu Selatan; Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Air Kemang Kecamatan Pino Raya digelar hari ini Jum’at (27/01) di Desa Balai desa Kemang Manis yang dihadiri unsur Tripika Kecamatan Pino Raya, Kapolsek, Danramil dan Camat pino Raya serta sejumlah masyarakat Desa Kemang Manis.

Hal ini merupakan tindak lajut dari surat Camat Pino Raya Nomor 050/18/CPR/1/2017 tentang pemberitahuan penyelengaraan Musrenbangdes untuk tahun 2018.

Kegiatan Musrenbangdes dilaksanakan sekira pukul 08:00 WIB tadi pagi, dengan harapan dapat menyerap segala bentuk aspirasi dari masyarakat Desa Air Kemang untuk Pembangunan Desa pada Tahun Anggaran 2018 mendatang. Bukan hanya itu, pada Musrenbangdes juga dilaksanakan penyampaian laporan terhadap pembangunan yang telah dilaksanakan pada tahun 2016 yang lalu.

Ilunudin Kades Air Kemang menyampaikan kepada seluruh warga Desa Air Kemang agar kiranya dapat menyampaikan usulan untuk pembangunan Desa yang akan datang. Tentu segala usulan ataupun aspirasi dari masyarakat akan ditampung untuk diusulkan pada Musrenbang Kecamatan. Semua uslan dari warga tertuang dalam Rencana Kegiatan Pembangunan Desa ( RKPDes).

“Saya menghimabau kepada masyarakat Desa Air Kemang agara menyampaikan aspirasi dan unek-uneknya supaya nanatinya tidak ada lagi aspirasi-aspirasi yang tersimpan di dalam hati masyarakat.” Tutur Ilunudin.

Efredy Gunawan, S, STP  Selaku Camat Pino Raya, dalam sambutannya mengatakan,untuk tahun ini penggunaan Dana Desa yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat lebih difokuskan untuk pembangunan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat,salah satu contoh dengan mebuat BUMDes.

“Perlu diketahui oleh masyarakat sekalian bahwa dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat ke desa ini untuk tahun ini dan tahun kedepannya itu tidak lagi digunakan untuk pembangunan fisik desa, melainkan untuk pembangunan ekonomi rakyat dan pemberdayaan masyarakat, seperti halnya BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), pengembangan pelayanan kesehatan dan pendidikan.” Ujar Efredi.

Dalam musrenbangdes Desa Air Kemang juga disampaikan pembangunan-pembangunan yang telah dilakukan tahun 2016 kemarin,dan dilanjutkan dengan penyampaian aspirasi dan saran oleh masyarakat untuk pembangunan yang diperlukan oleh masyakat desa di tahun 2018 nanti.(SAR)