Manna, Bengkulu; Ketua DPRD BS, Yevri Sudianto menuturkan jika tidak ada halangan akan memanggil Bupati BS, H. Dirwan Mahmud, SH membahas soal RPJMD. Dijelaskan Yevri, RPJMD ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode selama 5 ( lima ) tahunan yang berisi penjabaran dari visi dan misi program kepala daerah dengan berpedoman pada RPJP Daerah serta memperhatikan RPJM Nasional.

RPJMD menekankan tentang pentingnya menterjemahkan secara arif tentang visi dan misi serta agenda Kepala Daerah terpilih dalam tujuan kebijakan pembangunan yang merespon kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta kesepakatan tentang tolak ukur kinerja untuk mengukur keberhasilan pembangunan daerah dalam 5 tahun ke depan,’’terangngnya.

Dijelaskan Yevri, pembahasan dan penyusunan RPJMD perlu melibatkan proses konsultasi dengan kekuatan politik, terutama Kepala Daerah Terpilih dengan DPRD. Aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Dimana proses penyusunan RPJMD perlu adanya sinergi dengan rencana strategis diatasnya yaitu RPJPD dan RPJM Nasional. Untuk memperoleh konsistensi dan keterpaduan antara perencanaan. RPJMD perlu menggunakan kerangka analisis dan program yang serupa dengan kerangka program RKPD, Renja SKPD.

Lanjut Ketua, proses penyusunan RPJMD diakui melalui beberap tahapan. Dan untuk mempermudah terwujudnya kesepakatan tersebut, langka diambil yaitu mendatangkan Bupati membahas RPJMD secara bersama. Kita harapkan dengan dipanggilnya Bupati ini RPJMD dapat singkrong dengan Visi dan misi,’’terangnya.

Ia menambahkan, RPJMD merupakan acuan yang sangat penting menujang kesinambungan dalam membangun suatu daerah. Singkronisasi hal yang sangat kami harapkan dalam mencapai mupakat. ‘’Mudah-mudahan dengan dilakukan pembahasan secara bersama bupati dan dewan serta melibatkan instansi terkait bisa berjalan dengan sukses tanpa ada halanagn dan rintangan,’’pungkas Yevri.(SAR)