Bengkulu Selatan, Bengkulu; Percepatan kepemilikan akta untuk anak usia sekolah yang merupakan bentuk kerja keras Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL) Bengkulu Selatan dalam hal pelayanan publik terkhusus untuk anak-anak sekolah.
Hal ini disampaiakan kepala Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan Gunawan kepada reporter radio artha diruang kerjanya. Gunawan mengatakan, program percepatan kepemilikan akta merupakan salah satu bentuk kepedulian dalam pelayanan Dinas Dukcapil kepada masyarakat dengan sistem “jemput bola”.
Dalam artian Dinas Dukcapil yang dipimpin lansung oleh Kadis Dukcapil mendatangi sekolah-sekolah yang ada di Bengkulu Selatan dan bekerja sama dengan pihak sekolah agar kiranya dapat mengumpulkan fhoto kopi akta kelahiran siswa dan bagi yang belum memiliki akta kelahiran akan segera didata dan kepada siswa diminta untuk menyiapkan fhoto kopi kartu keluarga (KK) untuk penerbitan akta kelahiran yang bersangkutan.

“Kami mendatangi sekolah-sekolah yang ada di Bengkulu Selatan untuk mendata siswa yang belum memiliki akta kelahiran, dan akan segera diterbitkan aktanya dengan syarat siswa menyiapkan fhoto kopi KK serta mengisi blanko formulir yang sudah disiapkan. Pembuatan akta maupun KK tidak dipungut biaya atau gratis,”terang gunawan.

Dijelaskan oleh Gunawan, 17 SMA yang ada di dalam kota yang sudah di kunjungi, dan 4 SMP di dalam kota yang belum di kunjungi. Dinas DUKCAPIL akan mendata siswa dari tingkat PAUD/TK, SD, SMP, SMA se Bengkulu Selatan yanag sudah memiliki akta kelahiran, dan bagi yang belum akan segera diterbitkan aktanya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hanya saja bagi siswa dipermudah urusannnya dengan cara didatangi kesekolah nya masing-masing.
“Bagi siswa yang belum memiliki akta kelahiran cukup menyiapkan fhoto kopi KK dan isi formulir yang sudah disiapkan,”terang Gunawan.
Gunawan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah yang bekerja sama untuk pendataan akta kelahiran siswa dan bagi yang belum di kunjungi harap bersabar. Dinas Dukcapil juga bekerja sama dengan Dinas Dikpora, UPTD Dikpora yang ada di kecamatan agar program ini bisa berjalan dengan baik. Program ini merupakan salah satu bentuk dukungan Dinas Dukcapil untuk mensukseskan program Bengkulu Selatan “EMAS” melalui pelayanan publik bidang kependudukan dan catatan sipil.
Setiap pembuatan akta dan KK baik siswa maupun masyarakat umum tidak dipungut biaya sama sekali. Dan bila terjadi pungutan biaya maka kepada seluruh masyarakat Bengkulu Selatan kiranya dapat melaporkan hal ini kepada Kepala Dinas Dukcapil.
“Pembuatan KK dan Akta tidak saya tegaskan tidak ada pungutan sepeserpun. Dan kepada masyarakat yang membuat akta dan KK tetap harus mengikuti prosedur dan melalui loket pelayanan bukan melalui calo atau orang ketiga yang tidak bertanggung jawab,”tegas Gunawan.(SAR)

incoming search terms:

  • dukcapil sidoarjo jemput bola