Bengkulu Selatan, Bengkulu– Objek wisata yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan sulit dijual, lantaran pasilitas yang diberihkan oleh pemkab Bengkulu Selatan tidak memadai dimana keunggulan dimiliki tidak bisa dimanpaatkan dengan baik. Sementara potensi yang ada tidak kala menariknya dibandingkan dengan kabupaten lain. Maka daya jualnya pun sangat kurang. Di Bengkulu Selatan  banyak wisata  yang dapat dikunjungi. Namun faktanya masyarakat hanya mengujungi wisata Pantai Pasar Bawah (PSB) semata. Dengan hal itu, bupati BS, H. Dirwan Mahmud, SH bersikeras ingin memajukan objek wisata yang ada di Bengkulu Selatan dimana mengusulkan perda inisiatip sebagai dukungan pengembangan pembangunan objek wisata dengan mengacu jalin kerjasama dengan pihak swasta. Sehingga wisatawan  pun tertarik dengan objek wisata yang dimiliiki saat ini,’’terangnya.

Dijelaskan Dirwan, wisata yang ada di Bengkulu Selataan selama ini terkesan tidak memadai akan perkembangannya. Sehingga ketetarikan pengujung pun turun. Manpaat dibangunnya tempat wisata selain meningkatkan pengujung tetunya akan meningkatkan pendapatan. Pembangunan diera otonomi peluang bagi setiap Kabupaten / Kota untuk merencanakan dan mengelola pembangunan daerahnya sendiri.

lebih jauh Dirwan menambahkan, Namun ini semua tidak terlepas dari tuntutan bagi partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan sebagai komponen utama dalam pembangunan pariwisata berbasis masyarakat dalam menunjang pembangunan pariwisata. UU No 9 Tahun 1990 tentang Kepariwisataan sudah jelas bahwa masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk berperan serta dalam penyelenggaraan kepariwisataan. Peran serta masyarakat dalam memelihara sumber daya alam dan budaya yang dimiliki merupakan andil yang besar dan berpotensi menjadi daya tarik wisata. Selama ini pengembangan pariwisata daerah ditunjukan untuk mengembangkan potensi lokal yang bersumber dari alam, sosial budaya ataupun ekonomi sangatlah kecil. Dengan hal itu, kita mengharapkan pengembangan wisata yang ada di Bengkulu Selatan nantinya bisa mempunyai nilai jual dengan mengelaola potensi yang ada sebaik mungkin, Tutup Dirwan.(red)