Manna, Bengkulu Selatan; Salah seorang pemilik narkoba jenis sabu-sabu yang sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) akhirnya ditangkap Satnarkoba Polres Bengkulu Selatan. Iq (27) warga kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna berhasil dibekuk Satnarkoba Polres Bengkulu Selatan setelah sebelumnya Iq kabur ketika hendak ditangkap.

“Setelah kami tetapkan DPO satu bulan, tersangka narkoba berhasil kami bekuk,” kata Kapolres BS, AKBP Ordiva SIK melalui Kasat Reskrim, Iptu Ahmad Khairuman SE.

Ahmad mengungkapkan, Iq dibekuk, Rabu (2/11) sekitar pukul 19.00 WIB di Jalan Kilometer 6,5 Kota Bengkulu. Saat dibekuk, Iq sedang berada di pinggir jalan, menunggu temannya yang sudah janjian mau ketemu.

“Setelah mengetahui keberadaannya di Kota Bengkulu, kami meluncur dan akhirnya bisa kami bekuk saat berada di pinggir jalan,” ujar Ahmad.

Setelah dibekuk, Iq langsung dilimpahkan ke kejaksaan negeri Manna, sebab sebelumnya berkas perkara sudah 1 bulan dinyatakan lengkap oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sehingga dapat dilakukan proses persidangan di Pengadilan Negeri Manna.

“Berkas perkara sudah satu bulan lalu P21, namun saat mau dilimpahkan ke JPU, tersangka kabur, sehingga setelah kami bekuk, langsung kami serahkan ke JPU,” terang Ahmad.

JPU tersangka tersebut, Wiwin Setyawati SH MH membenarkan telah menerima penyerahan berkas perkara bersama tersangka. Ia menyatakan segera mempelahari berkas itu lebih lanjut, untuk kemudian dilimpahkan ke PN.

“Tsk kami tahan untuk memudahkan proses persidangan, saat ini berkas sedang kami dalami, kemudian kami limpahkan ke PN untuk mendapatkan jadwal sidang perdana,” ujar Wiwin.

Sekedar mengingat kejadian, awalnya Iq bersama rekannya Angga yang diketahui juga Warga Kota Manna ditangkap pada awal 2016 yang lalu. Sementara Angga saat ini sedang menjalani masa hukuman di rutan Kelas II B Manna, sedangkan Iq ketika pemeriksaan sebagai tersangka tidak dilakukan penahanan sehingga saat dilaksanakan penyerahan ke JPU karena berkas sudah dinyatakan P21, Iq melarikan diri.(SAR)