Manna, Bengkulu; Kabar gembira bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, jika tahun lalu tunjangan daerah (TD) hanya Rp 500 ribu, maka tahun ini naik menjadi Rp 1 juta. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan, Rudi Syahrial, pembagian TD ini akan dilakukan sebelum hari raya Idul Fitri. “Untuk tunjangan daerah yang diterima PNS tahun ini sebesar Rp 1 juta dan pembagiannya juga biasanya sebelum Idul Fitri,” ujar Rudi usai mengikuti paripurna RAPERDA DPRD Bengkulu Selatan kepada awak media.

Rudy SyahrialSementara untuk penyaluran gaji ke-13 dan 14 bagi PNS di lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan, sudah siap karena uangnya sudah masuk ke kas daerah. Hanya saja masih terganjal petunjuk berupa surat edaran (SE) dari Kementerian Keuangan. “Untuk dananya sudah ada di kas daerah, namun karena SE belum turun, kami belum bisa menyalurkannya,” kata Rudi.Rudi menjelaskan, jika SE belum turun, Pemda Bengkulu Selatan belum bisa menyalurkan gaji ke-13 dan 14. Pasalnya SE tersebut dasar hukum bagi penyaluran gaji ke 13 dan 14. Namun demikian, dirinya meminta para PNS tetap bersabar. Pasalnya, sebagaimana kebiasan tahun-tahun sebelumnya, ia memperkirakan gaji ke-13 dan 14 cair sebelum hari raya Idul Fitri. “Meskipun saat ini SE belum turun, saya perkirakan dalam waktu dekat SE sudah kami terima dan penyaluran gaji ke-13 dan 14 sebelum Idul Fitri,” ujar Rudi.

Selain mendapat gaji ke-13 dan 14, para PNS juga akan menerima tunjangan daerah lebih besar dari tahun lalu. Jika tahun lalu tunjangan daerah yang PNS terima sebesar Rp 500 ribu per orang, maka tahun ini naik menjadi Rp 1 juta. “Untuk tunjangan daerah yang diterima PNS tahun ini sebesar Rp 1 juta dan pembagiannya juga biasanya sebelum Idul Fitri,” tutup Rudi.(SAR)