Bengkulu Selatan, Bengkulu; Kota Manna, Bengkulu Selatan (BS) akan menjadi salah satu kota yang beruntung bisa dilintasi Gerhana Matahari Sebagian (GMS) pada Kamis, 1 September 2016. GMS ini adalah imbas dari Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang akan melintasi wilayah Samudra Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar, dan Samudra Hindia.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui rilis resminya di situs bmkg.go.id menyebutkan bahwa durasi gerhana terlama di Indonesia adalah di Kota Manna, Provinsi Bengkulu, yakni selama 34 menit 30,1 detik.

gerhana-matahari-cincinDi Manna, kontak pertama akan terjadi pukul 17.34 WIB atau menjelang waktu Maghrib. Puncak gerhana di Manna akan terjadi pukul 17.54 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menguraikan bahwa gerhana ini akan teramati dari 124 kota dan kabupaten di 10 provinsi di Indonesia.

GMC2009Wilayah provinsi yang dapat mengamati gerhana yaitu Sumatera Barat bagian Selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian Tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian Barat.

“Secara umum, kontak pertama GMC 1 September 2016 di Indonesia adalah di Pacitan yang terjadi pada pukul 17:26:00,9 WIB untuk selanjutnya menyebar ke daerah lainnya,” tulis BMKG dalam keterangan resmi, Selasa (30/8/2016).

Di wilayah DKI Jakarta, BMKG memperkirakan GMC akan bisa diamati mulai pukul 17.29 di Jakarta Selatan hingga matahari terbenam di seluruh wilayah DKI Jakarta termasuk Kepulauan Seribu.(SAR)