Bengkulu Selatan, Bengkulu; Upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa yang Ke 56 tahun 2016 berlangsung sangat khidmat di halaman kantor Kejaksaan Negeri Bengkulu Selatan yang di ikuti oleh seluruh PNS dan Jaksa dilingkungan Kejari Bengkulu Selatan. Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Kejaksaan Negeri Bengkulu Selatan Rohayatie, SH, MH dan komandan Upacara Alfian, SH.

Pesrta upInspektur upacara menmbacakan kata sambutan Kepala Kejaksaan Agung Republik Indonesia HM.Prasetyo. Dalam kata sambutannya mengatakan, peringatan hari bhakti Adhyaksa tahun 2016 mengangkat tema tingkatkan integritas, profesionalisme dan disiplin diri menuju kejaksaan yang mumpuni, mandiri, dan terpuji.

Lebih lanjut Kejagung RI melalui Kajari Bengkulu Selatan mengatakan, integritas adalah merupakan landasan yang essensial bagi aparatur kejaksaan dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya. Dengan integritas diharapkan aparatur kejasaan bisa membentengi diri dari perbuataan tercela dalam menjalankan fungsi dan kewenangannya sebagai aparatur Negara.

Up HB AdhyaksaSementara profesionalisme adalah bentuk penguasaan dan pemahaman yanag menyeluruh dan konferhensif atas bidang tugas yang harus dilaksanakan agar mencapai kesempurnaan dalam hasil pekerjaan yanaga diselesaikan secepat dan tepat. Sikap profesinalisme sangat penting dalam menangani sebuah perkara juga pertanggung jawaban pengelolaan penganggaran yanag tersedia, kata Rohayatie.

“Disiplin diri tidak kalah penting karena semuanya bersumber pada diri sendiri. Disiplin merupakan modal dasar dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab. Disiplin merupakan pondasi untuk kedisiplinan sosial dan disiplin institusi yang akan meneguh sikap terhadap kewajiban atas dasar moral dan kaidah agama,”ujar Rohayatie.

Keluarga besar kejari bsJaksa sebagai sahabat masyarakat hendaknya memahami persoalan, kebutuhan, harapan serta berusaha mencarikan solusi terhadap problematika yang sedang terjadi. Dengan disiplin diri dapat mentaati sejumlah aturan yanag berlaku pada kejaksaan guna meminimalisir segala kemungkinan terhadap pelanggaran selaku aparatur sipil negara.

Penguatan integritas, Profesionalisme dan disiplin diri oleh segenap komponen aparatur sipil negara akan mengangkat kejaksaan yang mumpuni, mandiri dan terpuji karena terdapat insan Adhyaksa yang memiliki integritas dan profesionalisme serta disiplin diri yang tinggi dalam menjalankan tugas sebagai aparatur sipil negara.
Kejaksaan merupakan pengawal dan pendukung keberhasilan program pemerintah. Penegakan hukum merupakan kontribusi bagi pemerintah dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Penegakan hukum yang optimal yang hasilnya bisa dirasakan oleh rakyat.

keluarga besar IADKKejagung melalui amanatnya yang dibacakan Kajari Bengkulu Selatan ini menginstruksikan kepada seluruh insan Adhyaksa agar program TP4P dan TP4b tetap berada dalam peran pendampingan pembangunan agar berjalan dengan baik dan benar. Juga mengingat kepada seluruh aparatur kejaksaan agar tidak menyalah gunakan kewenangannya dalam tim berkonspirasi melakukan penyimpangan sehingga merusak citra kejaksaan dan menjadi bencana korps Adhyaksa.

Setelah usai upacara dilanjutkan acara tabur bunga ditaman makam pahlawan (tmp) semaku Bengkulu Selatan yang dipimpin langsung Rohayatie, SH, MH selaku Kepala Kejaksaan Negeri Bengkulu Selatan.

“Acara tabur bunga di TMP Semaku ini merupakan bentuk bahwa kita selalu mengingat dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kita semua. Setelah ini juga dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Adhyaksa yang ke 56, kita juga merayakan hari jadi Ikatan Adhyaksa Dharma Karini yang ke 16 dengan memberikan bantuan untuk siswa berprestasi yang merupakan anak PNS atau jaksa di Bengkulu Selatan,”tutur Rohayatie.(SAR)