Artha FM. Pola hidup masyarakat yang seringkali mengabaikan masalah kebersihan lingkungan dan kesehatan keluarga menjadi perhatian, Hj. Endang Susilawati, S.Pd, Ibu Bupati Bengkulu Selatan dalam acara jendela wanita dialog interaktif di studio Artha FM (11/03/15) yang disiarkan secara langsung.

“Saya mengajak kepada ibu-ibu di Bengkulu Selatan untuk terus menjaga kebersihan lingkungan, dengan membuang sampah pada tempatnya dan membakarnya, serta menjaga kebersihan air sumur juga kebersihan siring di sekitar rumah.” kata Endang.

Endang menjelaskan, lingkungan yang tidak bersih dapat menimbulkan banyak penyakit, seperti demam berdarah, malaria, diare, TBC dan lain sebagainya.

“Mari kita jaga kebersihan lingkungan sekitar, sehingga kesehatan keluarga dapat terjaga, dan seluruh anggota keluarga menjadi sehat dan kuat,” himbaunya.

Lebih lanjut Istri dari Bupati Bengkulu Selatan ini mengatakan, kesehatan keluarga adalah hal utama yang harus diperhatikan, apabila ada anak sakit segera diperiksa ke puskesmas, apalagi anak usia balita, harus cepat menjadi perhatian.

“Saat ini ada BPJS, jadi jangan khawatir kalau ada anggota keluarga yang sakit segera ambil tindakan cepat,” terang Endang yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Bengkulu Selatan.

Endang menjelaskan, kegiatan kesehatan yang sedang dilaksanakan PKK saat ini berupa, KB kesehatan dan sunatan massal di tiap Kecamatan.

“Ada hal yang menarik ketika kegiatan dilapangan mengadakan sunatan massal, waktu memasuki desa yang kondisi akses jalannya belum bagus, terpaksa harus buka sepatu, dan basah kena air sungai,” kata Endang sambil tersenyum.     (Iwan Artha)