Bengkulu Selatan, Bengkulu; Harapan warga Desa Darat Sawah, Seginim agar pemukiman mereka terhindar dari amukan arus Sungai Air Nipis sepertinya bakal terwujud. Pasalnya Wakil Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE MM memastikan sebelum idul fitri, normalisasi arus Sungi Air Nipis segera dimulai.
“Insya Allah sebelum Idul Fitri normalisasi sungai air nipis di Desa Darat Sawah, Seginim sudah dimulai,”ujar Gusnan.
Menurut Gusnan, “pihak ketiga yang sudah menjalin kerja sama dengan pemda BS yang bersedia melakukan pengerukan arus sungai yakni PT Pesona Karya Abadi (PKA)”. Saat ini sambung Gusnan, perizinan sedang diurus. Diperkirakan, dalam waktu dekat ini, perizinan sudah turun dan pengerukan sudah bisa dimulai.
Ditambahkan Wabup, jika normalisasi arus sungai di Desa Darat Sawah sukses, maka dipastikan rumah penduduk akan jauh dari arus sungai. Pasalnya saat ini puluhan rumah warga sudah berada di pinggir sungai air nipis. Sehingga perlu segera dinormalisasi. Selanjutnya, sambung Gusnan, selain melakukan normalisasi di Desa Darat Sawah, pihaknya juga berencana melakukan normalisasi arus sungai di Desa Maras, Air Nipis dan Desa Durian, Seginim. Sebab kedua desa ini juga terancam diamuk arus sungai. Pasalnya lokasinya sudah berada di pinggir sungai.
“Setelah normalisasi di Desa Darat Sawah tuntas nanti di Desa Maras dan Durian Seginim juga arus sungai air nipis akan dinormalisasi agar rumah warga aman dari ancaman arus sungai,” demikian Wabup.(SAR)