Bengkulu, Jakarta- Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan pihak intelijen kepolisian turut memantau kenaikan harga komoditas di pasar macam cabai keriting sampai dengan bawang merah terkait dengan potensi penyimpangan pelbagai komoditas.

Menurutnya, intelijen kepolisian juga turut melihat kondisi harga di pasar terkait dengan potensi penyelewengan komoditas. Dia menegaskan kepolisian saat ini kepolisian tak hanya mengurusi masalah sosial, namun juga persoalan ekonomi.

“Cabai keriting, bawang merah, menjadi urusan polisi. Setiap hari, intel itu melihat naik-turunnya harga,” kata Badrodi dalam acara Buka Puasa Bersama, di Jakarta, Senin (20/6). “Ada ikan asin, cabai keriting, bawang merah, bawang putih.”

Dia menuturkan ketika terjadi kenaikan harga maka dapat menyebabkan daya beli masyarakat yang berkurang. Hal itu, sambung Badrodin, juga akhirnya akan berpengaruh pada ekonomi.

Badrodin menegaskan Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan untuk memantau persoalan kenaikan harga pelbagai komoditas tersebut. Jika terjadi kenaikan, paparnya, maka pihaknya diperintahkan untuk menyelidiki apakah ada penyimpangan atau tidak.

Selain itu, sambungnya, pihaknya juga menyelidiki dugaan kelangkaan pada distribusi komoditas bersubsidi. Dengan demikian, papar Badrodin, tugas kepolisian akan semakin berat dengan adanya penanganan lembaga tersebut dari ekonomi, sosial hingga budaya.(red/cnn.indonesia)