Manna, Bengkulu Selatan; Kardin (55) warga Desa Darat Sawah Kecamatan Seginim yang melakukan penutupan jalan untuk menuju lokasi normalisasi dengan cara memasang portal yang terbuat dari kayu dan bambu.

pka-5Kardin mengklaim bahwa jalan yang dilewati oleh kendaraan operasional PT.PKA yang melakukan pengerukan alur sungai air nipis untuk normalisasi adalah tanah milik nya, hal ini disampaikan oleh Nin Permana warga Seginim. Data terhimpun bahwa pemasangan portal oleh Kardin sudah satu minggu. Sehingga PT.PKA harus menghentikan aktifitas pengangkutan material.

Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH langsung meninjau lokasi Normalisasi tersebut dan Kardin harus membuka portal. Bupati memberikan keterangan dan pengertian kepada warga yang ada disekitar lokasi normalisasi bahnwa normalisasi ini merupakan salah satu langkah nyata bagi pemerintah daerah untuk mengatasi bencana abrasi yang kerap terjadi di Desa Darat Sawah.

pka-4“Normalisasi ini untuk kepentingan hajat hidup orang banyak. Langkah nyata pemerintah untuk mengatasi bencana abrasi yang kerap terjadi. Jadi jangan disalah artikan dan ini Bukan Galian C,”tegas Bupati.

Dilanjutkan Bupati, Kegiatan yang dilakukan oleh PT.PKA yang melakukan pengangkutan material tidak lain hanya untuk biaya operasional dan memberikan sumbangan PAD bagi pemerintah.

“Kegiatan ini hanya sebatas tahun ini saja, tahun 2017 yang akan datang kegiatan Normalisasi ini akan diambil alih oleh Balai Wilayah Sungai VII Sumatera karena memang sudah dianggarkan,”papar Bupati.

pka-3

Setelah usai meninjau lokasi Normalisasi, Bupati Bengkulu Selatan melakukan pemantauan terhadap jembatan gantung di lubuk langkap yang ambruk beberapa waktu yang lalu.

Jembatan yang kini sudah memasuki tahap pengerjaan dan mudah-mudahan beberapa minggu kedapan sudah rampung dan dapat dilewati kembali. Perbaikan jemabatan tersebut melalui anggaran pemeliharaan jalan dan jembatan Dinas PU senilai Rp.50 Juta.

“ini merupakan lokasi wisata alam yang cukup bagus, dan jembatan yang ambruk sudah mulai diperbaiki. Tahun 2017 mendatang akan dianggarkan untuk pembuatan jembatan permanen,”kata Bupati.(SAR)