Manna, Bengkulu Selatan; Kuatnya dugaan perlakuan amoral yang lakukan oleh oknum Kades Selali AZ alias IW, sehingga memaksa warga Desa Selali untuk meminta Bupati Bengkulu Selatan melakukan pemecatan terhadap Oknum Kades tersebut.

Rekomendasi Badan Permusyawartan Desa (BPD) telah rampung untuk menunjang LHP dari Inspektorat Daerah Bengkulu Selatan. Dalam Rekomendasi tersebut disarankan kepada Oknum Kades dengan dua opsi yaitu Mundur dari jabatan Kades atau Diberhentikan dengan tidak hormat atau dipecat.

Pasca penuntutan warga Desa Selali Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) yang sekarang menjadi buah bibir lantaran terkait kasus amoral. AZ alias IW tidak tahan menahan tuntutan warga dan menghindari hal yang tak diinginkan akhirnya ia telpon Bupati BS H Dirwan Mahmud, SH menyatakan mundurkan diri dari jabatan sebagai Kades Selali.

“Ia Kades Az alias IW sudah mundur dari jabatan sebagai Kades. Karena dua hari yang lalu saya menerima telpon dari Kades. Yang isinya singkat bahwa ia mundur diri dari jabatan,”kata Bupati, sebelum berangkat meninjau lokasi jembatan amb ruk di Desa Suka Nanti Kecamatan Pino.

Dikatakan Bupati, berdasarkan surat rekomendasi terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang akan disampaikan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Selali pada Bupati ada dua isi rekomendasi yakni Kades mundur dari jabatan dan Kades diberhentikan dari jabatannya. Dan oleh sebab itu Kades memilih mundur dari jabatan.

“Kades sudah memilih jalan terbaik yakni mundur dari jabatan. Mundurnya Kades dikarenakan atas tuntutan warga diduga bahwa ia sudah terbukti melakukan perbuatan amoral. Bagi Kades yang sudah diberhentikan dari jabatan diantaranya Kades Padang Beriang Sapirin kecamatan Pino Raya kalau ada niat untuk melakukan penuntutan hingga ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) silakan saja. Dan itu merupakan hak mereka dan Bupati siap menghadapi,”ujarnya.

Sementara Kades IW saat dihubungi awak media mengatakan, membenarkan bahwa ia sudah mengundurkan diri dari jabatan sebagai Kades Selali. Sebab ia tidak mau ada kisruh di warganya. Karena warga sudah melakukan penuntutan agar Kades berhenti dari jabatan.

“Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saya mundur dari jabatan sebagai Kades Selali. Dengan tujuan agar tidak terjadi polemik dan yakinlah saya mundur untuk kebaikan bersama. Dan saya berharap kedepan tidak ada lagi yang dipermasalahkan, saya siap menerima kenyataan yang ada, Surat pengunduran diri akan saya buat dan sampaikan dalam waktu dekat ini”ungkap AZ alias IW.(SAR)