Manna, Bengkulu Selatan; Adanya tumbuhan endemik yang tumbuh di wilayah Bengkulu Selatan jenis Kebiul (Caesalpinia Bonduc L) yang pada zaman dahulu dipercaya nenek moyang sebagai tumbuhan yang dapat memberikan khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Hal ini dimanfaatkan oleh 2 orang siswi SMANDA (SMA 2) untuk dijadikan bahan penelitian obat-obatan herbal. Alhasil buah kebiul dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudarah.

kebiul

Adanya penemuan buah kebiul oleh pelajar kelas 11 SMAN 2 BS ditanggapi serius oleh Bupati BS, H. Dirwan Mahmud, SH. Bahkan hari ini (26/10) ia pun turun langsung menemui pelajar tersebut untuk mendorong siswa agar tidak bosanya mendulang prestasi. Sebagi bentuk sport dari pemerintah daerah, akan siap anggarkan dana di APBD khusus untuk dana penelitian. Bahkan ia pun berjanji siap mendukung pelajar untuk melanjutkan kuliah dengan biaya dari daerah.

Sementara itu, kedua pelajar kelas 11 SMAN 2 BS yakni Nur Bella Turcica (Cica), dan Zahira Amalia (Dinda) ketika diwawancari menuturkan penelitian buah kebiul atau Caesalpinia bonduc L. Lantaran buah kebiul dapat dimanfaatkan sebagai obat penghambat sel kanker payudara. Penemun ini menjadi titik awal penemuan obat dari salah satu penyakit mematikan dan menakutkan bagi kalangan perempuan.

Dijelaskan Cica, penemuan ini berawal dari mendengar mitos di masyarakat tentang pengobatan alternatif yang menggunakan buah kebiul. Dan dengan hal itu termotivasi untuk meneliti buah yang juga dipercaya masyarakat BS sebagai penolak balak.

kebiul-2

“Penelitian ini berawal kita berdua sedang duduk-duduk santai di sekolah, lalu terpikir meneliti kandungan buah kebiul yang dipercaya masyarakat BS untuk berbagai obat penyakit seperti diabetes, malaria, batu ginjal. Penelitian terhadap buah kebiul dilaksanakan selama 3 bulan dari awal pembuatan proposal dan melakukan penelitian selama 2 minggu di laboratorium Biomulikuler dan Parsitologi Universitas Gajah Mada (UGM). Penelitian dilanjutkan ke LIPI dari tanggal 25-28 September lalu dengan menggunakan biaya sendiri. Selama penelitian dibimbing oleh mentor dari LIPI. Dan diakui ide kita tidak kalah dengan pelajar di kota-kota besar, tapi kendala kita di fasilitas.

Sambungnya, penelitian buah kebiul tidak hanya sebatas ini, kami akan melakukan penelitian lanjutan terhadap kandungan buah kebiul dengan menggunakan senyawa aktif, sehingga ekstrax dari buah kebiul ini tidak hanya memiliki daya hambat pertumbuhan sel kanker payudara sebesar 7 persen, melainkan diprediksi lebih dari itu. Namun tak dimungkiri untuk penelitian lanjutan butuh dukungan moril maupun materil dari pemda BS,’’pungkas Caca.

Selain itu Bupati pun ikut mewawancari pelajar SMA 2 atas nama Yoravika dan Derma.

Karena kedua pelajar tersebut berhasil meraih perestasi sebagai juara pertama pada festival tingkat nasional kewira usahaan siswa nasional bidang boga di Jakarta. Mendali emas yang dipersembahkan adalah hasil penelitian terhadap Calsium cangkang keong Emas yang dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mencegah osteoporosis. Kemasan tersebut dikelolah dalam bentuk biskuit dengan nama BESKENDA. Bagi yang berminat BESKENDA bisa didapatkan di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan.(SAR)

incoming search terms:

  • obat kebiul
  • khasiat buah kebiul
  • apa pungsi kebiul
  • fungsi buah kebiul
  • Herbal manna bengkulu selatan