Bengkulu Selatan, Bengkulu; Belum adanya tindakan yang pasti terhadap PT.Agro Bengkulu Selatan (ABS) yang menggusur lahan milik warga di Desa Cinto Mandi Kecamatan Pino Raya. Belasan warga Desa Bandar Agung Kecamatan Ulu Manna mendatangi Rumah Dinas Wakil Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE, MM sekira pukul 17.30 (23/8) di Jl.raya Padang Panjang untuk melaporkan bahwa PT.ABS telah menggusur lahan milik warga Desa Bandar Agung.

warga bd.agungWakil Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE, MM yang menerima kedatangan warga ini mengatakan bahwa warga Desa Bandar Agung membawa bukti dengan ahli waris terhadap tanah atau lahan tersebut. Warga juga membawa peta yang menyatakan lahan seluas 31 ha secara administrasi PT.ABS memasukan lahan tersebut ke Desa Pagar Gading Kecamatan Pino Raya.

“Warga menyampaikan kepada saya, lahan seluas 31 ha merupakan milik warga Desa Bandar Agung dan ahli warisnya pun mereka hadapkan dengan saya. Namun menurut warga secara administrasi lahan tersebut oleh PT.ABS dimasukan ke Desa Pagar Gading,”jelas Wabup.

petaDilanjutkan Wabup, PT.ABS harus menyelesaikan segala bentuk persoalan yang dihadapinya menyangkut lahan hak milik warga di Pagar Gading ataupun di Desa Bandar Agung ini.

Bukan hanya itu, Wabup juga mengingatkan kembali kepada PT.ABS untuk segera menyelesaikan permasalahan dengan warga Desa Cinto Mandi, karena PT.ABS berjanji akan menyelesaikan permasalahan tersebut langsung dengan masyarakat.
Bila PT.ABS tidak dapat menyelesaikan permasalahan di Desa Cinto Mandi, dan ternyata merugikan masyarakat maka WABUP akan segera melaporkan hal ini kepada BUPATI agar bisa mengambil tindakan terhadap PT.ABS.

“Untuk permaslahan PT.ABS di Desa Cinto Mandi Kecamatan Pino Raya, kita tunggu saja penyelesaian yang dilakukannya terhadap masyarakat yang dirugikan. Karena PT.ABS berjanji akan menyelesaikannya langsung ke masyarakat yang bersangkutan. Dan bila PT.ABS ini “ingkar janji” maka saya akan lapor Bupati,”tegas Wabup.(SAR)