Manna, Bengkulu Selatan; Dalam waktu yang tidak terlalu lama, Ketua DPRD Yevri Sudianto bersama Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH akan melakukan kunjungan kerja ke salah satu perusahaan rekanan dalam hal pemasok pipa untuk PDAM tirta Manna di Sumatera Utara.

“Ia kunjungan ke Medan Sumatera utara dalam rangka Kunker mengenai bantuan perpipaan untuk PDAM Tirta Manna dan akan mendatangi langsung keperusahaan tersebut untuk memastikan perusahaan pengadaan pipa,”kata Yevri.

Dikatakannya, bantuan pipa untuk PDAM Tirta Manna merupakan bantuan pemerintah pusat atas keluhan yang selalu dirasakan warga di kabupaten BS. Pasalnya sudah selama ini air PDAM sering tidak mengalir lanataran kurangnya peralatan yang dapat mendukung.

Oleh sebab itu bantuan seperti pompa dan mesin sudah tersedia di PDAM Tirta Manna. Hanya saja masih belum di jalankan secara optimal. Karena mengingat daya listrik masih kurang. Oleh sebab itu dari pihak PLN akan menaikan daya.

“Untuk pengadaan peralatan listrik sudah bekerjasama dengan PLN dengan angararan pertama senilai Rp 300 juta setidaknya dapat menggerakan mesin untuk PDAM. Dan masih butuh lagi sebesar Rp Rp 400 juta. Kalau bantuan dari pusat sudah semuanya ada dan PLN sudah menjalin kerjasama yang baik, maka kedepan keluhan warga BS akan air dapat teratasi,”ujar Yevri.

Sekedar mengingatkan, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Air Minum pada APBN 2017 akan memberikan bantuan sebesar Rp 12 Milyar untuk PDAM Tirta Manna. Hal Ini diutarakan Plt. Direktur PDAM Tirta Manna Beni Hazan. PDAM juga mendapat penambahan 2unit pompa intek (air baku) dengan kapasitas 70 liter per menit, Dua unit Pompa Distribusi berkapasitas 35 liter per detik, serta penggantian pompa dozing tawas kaporit.

“Bukan hanya itu anggaran yang Rp 12 M itu juga untuk pengrehaban dan pengatapan bak pengolahan air yang akan didistribusikan kepada pelanggan,”demikian Beni.(SAR)