Manna, Bengkulu. Ruangan laboraturium SMP Negeri 2 Bengkulu Selatan menjadi tempat berkumpulnya perwakilan para kepala sekolah SD, SMP, SMA/SMK se Bengkulu Selatan untuk mengikuti acara diskusi dengan Wakil Bupati Bengkulu Selatan tentang adanya buku gratis untuk seluruh siswa di Bengkulu Selatan.

Sebanyak 18 orang perwakilan kepala sekolah yang hadir dalam acara yang dipimpin langsung oleh ketua PGRI Bengkulu Selatan Gunawan Oktawarman, S.pd. dalam acara tersebut ketua PGRI Bengkulu Selatan membagikan brosur Buku Sekolah Elektronik (BSE) kepada seluruh peserta. Diketahui bahwa harga eceran tertinggi BSE untuk sembilan buku pelajaran sekolah rerata Rp.12.947,- saja, bila dibandingkan dengan harga buku yang dijual penerbit ke sekolah – sekolah maka BSEjauh lebih mrah.

Wabup juga menekankan agar kiranya tidak ada kesalah pahaman terhadap diskusi hari ini, “jadi dalam diskusi ini tidak ada arahan agar para kepala sekolah ini untuk membeli buku kepada salah satu penerbit, melainkan hanya untuk pencapaian dari  program Dirwan – Gusnan buku pelajaran gratis, ini juga sesuai dengan amanat Undang-Undang tentang pendidikan bahwa Sekolah gratis” terang Gusnan.

Dalam diskusi ini juga disampaikan oleh Wabup,”agar seluruh kepala sekolah ini dapat mendukung semua program politik Dirwan-Gusnan dalam hal pendidikan di bumi sekundang setungguan ini, dan BSE ada harga eceran tertinggi itu jauh lebih murah bila dibanding dengan harga normal,” tutup Gusnan.

Perwakilan kepala SMK Fahrudin mengatakan,” sangat mendukung program buku pelajaran gratis namun hal lain yang disampaikan mengenai mata pelajaran muatan lokal harus ada Surat Keputusan Bupati dan disesuaikan dengan kurikulum nasional agar pendidikan karakter siswa itu bisa terlaksana”.(SAR)