Kadis DukcapilBengkulu Selatan, Bengkulu; Menaggapi keluhan salah seorang warga Jalan A.Yani kelurahan ibul Kecamatan Kota Manna yang mengeluhkan kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL) Bengkulu Selatan yang kurang baik melewati sebuah media sosial atas nama DH kamis(30/6) yang lalu. Keluhan itu dilontarkan DH di jejaring sosial dengan cara membuat status di account facebook miliknya, meminta pak dirwan tolong kontrol oknum pegawai capil,karna pembuatan Kartu Keluarga (KK) sudah 4 hari belum selesai.

Komisi I DPRD Bengkulu Selatan yang diketuai Dodi Martian, melakukan Inspeksi mendadak (SIDAK) kekantor Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan.
Atas hasil sidak tersebut Ketua Komisi I Dodi Martian saat dijumpai reporter radi Artha diruang kerjannya (02/07/16) mengatakan,” apapun alasannya Dinas DUKCAPIL harus memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat Bengkulu Selatan, dan disarankan agar Dinas DUKCAPIL tidak melayani kepengurusan KK dengan perantara orang ketiga”.

“Jadi tidak ada tawar menawar dalam hal melayani kepentingan masyarakat. Artinya Dinas DUKCAPIL harus lebih memaksimalkan kinerjanya untuk Masyarakat,” ujar Dodi.
Dodi juga menambahakan agar kiranya masyarakat juga harus memenuhi segala persyaratan dan ketentuan yang berlaku dalam kepengurusan KK dan akte kelahiran.

Sementara itu Kepala dinas DUKCAPIL Bengkulu Selatan Gunawan Mengatakan, “kalau masarakat tidak pernah kami hambat dan kami selalu selesaikan urusan mereka di tempat kami. kalau dia itu mengerjakan punya orang lain dan kami harus teliti dalam menulis nama karena salah satu huruf saja bisa fatal untuk masyarakat makanya butuh proses,” ujar gunawan.

“Jika terjadi keterlambatan itu dikarenakan sitem jaringan, karena seluruh data akan masuk dalam data base kependudukan pusat. Hal biasa bila terlambat satu atau dua hari,” imbuh Gunawan.(SAR)