Manna, Bengkulu Selatan; Kerja bhakti yang dilakukan oleh masyarakat dari 6 Desa di wilayah kecamatan Seginim dan Kecamatan Air nipis bersama Polres Bengkulu Selatan (17/11) dalam hal perbaikan lantai jembatan gantung air selepah yang menghubungkan Desa Babatan Ulu Kecamatan Seginim dengan Desa Penandingan Kecamatan Air Nipis, Desa Padang Lebar dan Desa Muara Danau Kecamatan Seginim yang semestinya mendapat acungan jempol karena telah sedikit meringankan beban Pemerintah.

jembatan-air-selepah-baru
Jembatan Air Selepah Sebelum di Perbaiki Warga

Namun swadaya masyarakat ini dalam waktu dekat akan dilakukan pembongkaran kembali oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bengkulu Selatan karena jembatan gantung air selepah sudah dianggarkan pada APBD Perubahan tahun 2016 bersamaan dengan perbaikan jembatan gantung lubuk langkap yang total anggarannya mencapai Rp.125 Juta.

Hal ini diungkapkan oleh Warasman, BE selaku Kasi Pembangunan pada Dinas Pu Bengkulu Selatan ketika dijumpai sejuimlah awak media diruang kerjanya.

“Pada dasarnya kami dari Dinas PU mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah bersusah payah dalam melakukan perbaikan lantai jembatan. Begitu juga dengan pihak Polres Bengkulu Selatan yang telah mempelopori perbaikan lantai jembatan gantung air selepah secara swadaya,”ujar Warasman.

jembatan-2
Warga 6 Desa Bersama Polres Bengkulu Selatan Lakukan Perbaikan Lantai Jembatan Air Selepah Secara Swadaya

Dilanjutkan Warasman, sebenarnya jembatan gantung air selepah telah dianggarkan dalam APBD Perubahan tahun 2016, namun karena proses administrasi sehingga jembatan tersebut belum dikerjakan sepenuhnya. Sementara untuk pengerjaan awal sudah dilakukan dengan mengelas besi jembatan yang sudah lepas dan papan lantai jembatan sudah dipesan dengan salah seorang masyarakat Seginim.

“Walaupun masyarakat telah melakukan swadaya untuk perbaikan lantai jembatan tersebut bersama Polres, kami akan tetap melakukan pembongkaran dan perbaikan sesuai dengan standar pekerjaan. Karena jembatan air selepah itu digunakan untuk akses transportasi kendaraan roda 4,”terang Warasman.

Ditambahkan Warasman, jembatan gantung air selepah kemungkinan pengerjaannya tidak sampai pada pengecatan karena keterbatasan anggaran, dan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi jembatan tersebut akan segera dikerjakan.

“Dalam waktu dekat ini, kita akan segera melakukan pengerjaannya. Namun sebelumnya kita akan melakukan musyawarah dahulu dengan warga agar tidak terjadi salah paham,”ucap Warasman.(SAR)

jembatan-air-selepah-1
Lantai Jembatan Gantung Air Selepah Setelah di Perbaiki Secara Swadaya Oleh Masyarakat dari 6 Desa dan Polres Bengkulu Selatan