Istilah blues resmi dipakai baru pada tahun 1910.Blues adalah sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS). Nama blues lahir dari istilah blue yang dikonotasikan dengan perasaan frustatif dan melankolis.

Musisi dunia bergenre blues ini seperti Modern electric blues adalah subgenre blues yang paling populer hingga saat ini. Dari genre tersebut, lahir puluhan tokoh musik blues seperti B.B. King, Buddy Guy, John Lee Hocker, Jhony Winter, Koko Taylor, Robert Cray, Taj Mahal, Dave Hole, Tinsley Ellis Freddie King, Stevie Ray Vaughan dan Kenny Wayne Shepherd.

Musik blues berangkat dari musik-musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika di AS. Dan mulai berkembang pesat pada abad ke-19 M itu Amerika Serikat.

Bagaimana dengan perkembangan Blues di Indonesia apakah seperti halnya musik pop, rock dan R&B di Indonesia ?

Kalau kita lihat perkembangan musik di tanah air kita ini, tidak lepas dari pengaruh genre musik yang ada di manca negara terutama dari barat atau asia seperti Korea atau K-Pop, dan sangat sah sekali, baik sengaja maupun tidak di sengaja untuk meng influence atau ter influence oleh genre musik  tersebut.

Dari keadaan dan kondisi ini perkembangan musik Blues di Tanah Air, masih belum terlihat musisi kita yang mengexplor musik blues untuk dikedepankan minimal bersejajar dengan musik  yang ada di tanah air kita ini seperti halnya pop, rock ataupun lainna. Kalaupun ada, mungkin masih belum berani untuk menampilkan hasil explorasi dari musik jenis tersebut. Banyak sudah usaha dari kelompok musisi blues ataupun komunitas musik di tanah air yang dapat dikatakan berjuang untuk memajukan, minimal melestarikan musik blues di tanah air. Sebut saja komunitas INA Blues yang didalangi oleh bung Oding Nasution yang rata2 sudah konsisten dengan musik blues sejak dahulu kala, demikian pula dengan komunitas Bandung Blues Society yang tidak kurang di kelola oleh musisi senior yang sudah lama menggeluti dunia musik blues. Jogja Blues Forum yang juga dimotori oleh musisi senior di kota Jogja. Bali Blues Island di Denpasar yang juga musisi seniornya serta masih banyak lagi komunitas musik blues di tanah air kita yang kondisinya mungkin ter masih belum muncul kepermukaan.

Upaya untuk memajukan musik bluesy di tanah air juga pernaj dilakukan oleh komunitas INA Blues Jakarta yang menjadi harapkan dapat secara rutin menyelengarakan Festival Blues International dan belakangan ini di kota Bandung di ramaikan pula oleh event Jakarta International Blues Festival Competition yang banyak diikuti oleh musisi blues yang masih terbilang muda yang sudah mulai menggeluti musik blues.

Adapula kelompok Andre Harihandoyo & The Sonic People yang sudah menelurkan beberapa album dan memberanikan diri untuk meramu musik accoustic folk yang agak bluesy. Juga terdapat anak muda yang dari remajanya sudah menekuni musik blues yakni Rama Satria dengan groupnya The Electric Mojos.

Semuanya dengan setia selalu ingin mengembangkan musik blues di tanah air, minimal meramaikan genre musik satu ini. Tak kurang di Denpasar Bali, saat ini ada 2 (dua) kandidat pelestari musik blues yang meng explorasi musik ini dengan gaya yang lain. Sebut saja Bali Puisi Musik yang didukung oleh penyair Tan Lioe Ie pada vocal dan pembaca puisi, Dibia Suanjaya (keyboard), Indrawan (gitar), Yande Subawa (gitar, aransemen) dan Kabe Gariyasa (drum), yang terus berexplorasi memadukan pembacaan puisi dengan musik blues serta The Crossing yang dimotori oleh I Gede Adi Kesuma yang mencoba meng explore lagu2 Jimi Hendrix dan lagu2 ciptaan mereka yang terinfluence oleh musik Jimi Hendrix yang dipadu dengan musik reggae serta musik alternative.

Tokoh atau group Band yang mengusung genre ini di Indonesia seperti B.I.P lahir untuk menyalurkan kreativitas tiga musisi mantan personel Slank, yaitu Pay, Bongky dan Indra. Setelah puas dengan proyek musik masing-masing selama kurang lebih empat tahun, akhirnya Bongky, Indra dan Pay sepakat mendirikan band baru yang diberi nama B.I.P  singkatan inisial nama mereka, di acara reuni Potlot yang diadakan di GOR Saparua, Bandung, 20 April 2000 silam. B.I.P kemudian didukung pula oleh Jaka (dram), dan Irang (vokal).

SLANK adalah sebuah grup musik terkenal di Indonesia. Dibentuk oleh Bimbim pada 26 Desember 1983 karena bosan bermain musik menjadi cover band dan punya keinginan yang kuat untuk mencipta lagu sendiri. Cikal bakal lahirnya Slank adalah sebuah grup bernama Cikini Stones Complex (CSC) bentukan Bimo Setiawan Sidharta (Bimbim) pada awal tahun 80-an. Band ini hanya memainkan lagu-lagu Rolling Stones dan tak mau memainkan lagu dari band lain, alhasil mereka akhirnya jenuh dan menjelang akhir tahun 1983 grup ini dibubarkan.

 

incoming search terms:

  • sejarah musik blues di indonesia
  • perkembangan musik blues di indonesia
  • lagu blues indonesia
  • contoh lagu blues indonesia
  • sejarah singkat perkembang musik blues di indo