Mudik atau pulang kampung bukan suatu beban berat bagi yang kebetulan kampung halamannya bisa ditempuh dalam hitungan jam, namun bagi yang harus menempuh perjalanan seharian atau bahkan berhari-hari apalagi dengan membawa kendaraan pribadi, acara mudik harus dipersiapkan benar-benar, terutama kondisi fisik. Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Disamping itu tentunya harus mempersiapkan rumah aman saat ditinggal mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran sehingga ketika kita meninggalkan rumah tidak was was dan dapat merasa tenang di kampung halaman. Dengan cara menitipkan rumah kita kepada tetangga atau security di lingkungan rumah kita terdekat untuk mengawasi dan memantau rumah kita saat ditinggalkan. pastikan tidak meninggalkan barang berharga seperti uang dan perhiasan di rumah. Agar lebih aman, simpan perhiasan dan uang di bank. Selain itu Matikan semua listrik yang tidak digunakan untuk menghindari hubungan arus pendek yang dapat menimbulkan kebakaran. 5. Bila perlu, titipkan rumah pada orang yang dipercayakan, tetangga atau satpam perumahan. Mintalah mereka untuk mengecek keadaan rumah sesekali.

Untuk yang berencana mudik dengan menggunakan kendaraan sendiri sangat disarankan untuk mempersiapkan pentingnya kondisi kendaraan, pastikan jauh-jauh hari bahwa kendaraan yang akan dipakai sudah siap ‘tempur’. Berikut tips mudik bagi anda yang hendak bersilahturahmi kepada keluarga di kampung halaman.

Pastikan bahwa sebelum mudik anda dan keluarga berada dalam kondisi yang fit. Terutama bagi driver, Sebelum dipakai ‘bertempur’ alias mudik, periksakan kondisi kendaraan anda di bengkel langganan ((tune-up komplit, rem, ban, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dll). Dan jangan lupa membawa perlengkapan alat-alat mobil (tools kit), dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter,dll.

Dalam perjalanan mudik pastikan anda membawa bekal makanan yang praktis dan bisa dimakan sambil terus berkendara. Saat mudik disarankan untuk tidak asal makan di restoran/rumah makan tempat pemberhentian Bus Antar Kota karena di saat-saat seperti itu dikhawatirkan cara masak dan mencuci piringnya kurang bersih karena pengunjung sangat padat dan banyak yang harus dilayani. Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu bawa banyak-banyak, toh ATM banyak sekali dijumpai di daerah.

Lebih terjamin bila anda membawa makanan sendiri. Tapi kalau bekal habis anda bisa masuk ke dalam kota dimana anda lewat untuk mencari restoran fast food fried chiken. Yang pasti anak-anak suka dan lebih baik kebersihannya.

Jangan lupa membawa peta jalur mudik, karena ini sangat penting dan berguna. Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titik. Dan jangan lupa peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol sepanjang Pulau Jawa, dll.

Sebaiknya sebelum berangkat charge HP anda sampai penuh. Untuk daerah/area tertentu yang Anda lewati akan terjadi “blank spot” untuk kartu tertentu, lebih baik jika salah satu anggota keluarga punya HP dengan kartu yang berbeda. Jadi bila terjadi blankspot masih bisa pakai HP satunya lagi.

Harap simpan tenaga dan tetap jaga kesehatan untuk siap pulang balik setelah mudik. Jangan pulang balik di pas mepet sekali besoknya harus sudah masuk kantor dan anak-anak masuk sekolah, pasti kelelahan kan? Ada baiknya ambil waktu sehari istirahat sebelum besoknya melakukan aktifitas rutin.

Demikian informasi mudik lebaran ini semoga perjalanan mudik anda dapat berjalan dengan lancar dan dapat menjadikan moment lebaran ini berkesan bagi anda dan keluarga anda.

 

LEAVE A REPLY