MANNA – Musim hujan sejumlah daerah di Kabupaten Bengkulu Selatan terkena banjir dan tanah Longsor. Intensitas hujan yang cukup tinggi sepekan terakhir menyebabkan bencana di beberapa daerah berupa banjir dan tanah longsor. Warga di minta waspada jika terjadi bencana yang lebih besar demikian disampaikan Basardin, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Selatan, Nopian Andusti, mengatakan   Selain hujan deras  yang berdampak banjir dan tanah longsor warga juga diminta waspada terutama yang berada di daerah  aliran sungai DAS antisipasi air bandang. “Longsor terjadi di Bandar agung Bengkulu selatan,  kemudian di daerah geluguran desa air  tenam Kecamatan Ulu Manna yang  saat ini sedang dilakukan pembersihan jalan dan banjir di daerah pamasuki, Pematang Bangau, Letan Tukiran, dan daerah Padang Kapuk yang sering terjadi banjir. “Namun banjir yang terjadi di Kecamatan Air Nipis jika tidak segera di antisipasi bisa merendam banyak rumah warga,  karena air sungai sangat deras Ujarnya.  Ia menambahkan untuk banjir dalam kota Manna ini disebabkan akibat drainase yang tidak sempurna dan banyaknya sampah hingga menyebabkan aliran air menjadi terhambat.  “banjir yang terjadi belum bisa dinyatakan bencana karena luapan air belum sampai 3 x 24 jam ujar Nopian.

                Sementara itu untuk Bahaya longsor  pada musim hujan ini ada banyak sekali titik jalan yang berpotensi longsor namun ia menjelaskan ada 9 titik jalan yang cukup berbahaya dan sebagian terdapat di Kecamatan Ulu Manna.  “Pengguna jalan diminta hati-hati saat melewati jalan yang rawan longsor”  “Selain itu BPBD Bengkulu Selatan dan Dinas terkait menyiapkan alat berat untuk membuka jalan jika terjadi Longsor.  “Namun hingga saat ini belum ada korban jiwa dan satiu rumah yang bagian dapur terkena longsor.

                Akibat  hujan deras beberapa daerah Di Bengkulu sudah mengalami banjir baik daerah Seluma hingga kota Bengkulu. Hujan deras yang menyebabkan daerah aliran sungai menjadi deras telah menyebabkan korban di Kota Bengkulu. Hingga diminta warga menjaga anak-anak untuk tidak bermain di sungai pada saat musin hujan. (Tn).

LEAVE A REPLY