Pembuatan soundtrack kali ini punya sebuah tantangan yang berbeda. Karena sang pemilik film (Dewi Lestari) juga dikenal sebagai seorang songwriter. Nidji yang diserahi sepenuhnya untuk menggarap soundtrack ini menjawab tantangan itu. “Kita mencoba merangkum apa dari isi buku yang ditulis Dewi Lestari. Kemudian kita coba fragmen kan. Dan kita temukan 3 lagu yang merupakan representasi dari kisah cinta dan hidup tiga karakter utama di Supernova,” terang Giring yang banyak berurusan dengan lirik lagu dari Nidji.

Giring (vokal), Rama dan Ariel (gitar), Adrie (drum), Andro (bass), dan Run-D (keyboard), sepakat untuk keluar dari comfort zone mereka. Menantang diri untuk membuat sesuatu yang tidak biasa baik dari segi lirik dan aransemen musik. “Film ini sangat enak dilihat dan membuat kita menikmati cerita didalamnya. Perlu diperhatikanjuga, banyak hal baru di film ini yang belum pernah dilihat oleh penikmat film Indonesia. Makanya kita commited untuk membuat sesuatu yang tidak pernah dibuat selama karir Nidji,” Giring mengungkapkan alasan Nidji untuk mencoba hal baru dalam menggarap soundtrack Supernova.

Single pertama yang berjudul Takut Bilang Tidak menggambarkan banyak hal yang disebut baru tadi. Suasananya banyak menggunakan suara suara artificial. Drum machine, efek gitarnya banyak memakai reverb and delay. Bass kebanyakan memakai Synth tidak memakai intrumen Bass seperti biasanya. Keyboard memegang peranan penting karena merealisasikan dan membawa pendengar ke atmosfir yang berbeda. Ini juga pertama kalinya Run-D memakai Dave Smith instrumen yang memiliki step sequencer. Vokal sendiri melakukan rekaman tidak memakai headphone jadi biar terasa livenya dan produser bisa menangkap setiap momen yang ingin disampaikan.

Di album soundtrack kali ini, Nidji juga memulai sebuah kebiasaan baru. “Kami berenam selalu ingin membuat rekaman live performance untuk setiap single kita. Maka ide tersebut kita sampaikan ke Musica dan disambut dengan baik. Selanjutnya kita menunjuk Erix Soekamti untuk merealisasikan ide ini. Dan hasilnya…. something different,” ujar Nidji sambil tersenyum seakan menjanjikan banyak kejutan kejutan lain dari Nidji.

BAGIKAN
Berita sebelumyaNoah Seperti Kemarin
Berita berikutnyaOne Room Pergilah

LEAVE A REPLY