Bengkulu Selatan, Bengkulu; 9 orang tersangka narkoba yang merupakan 3 orang Sipir lapas rutan kelas II B Manna, 4 orang nara pidana (napi) dan 2 orang wanita warga sipil, yang di tahan di Mapolres Bengkulu Selatan di limpahkan ke Kejaksaan Negeri Bengkulu Selatan. Hal ini disampaikan Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, S.IK melalui Kasat Resnarkoba Iptu Ahmad Khairuman, SE.

tsk naskoba“Alhamdulillah berkas penyidikan ke-9 tersangka sudah dinyatakan P21 dan saat ini sudah kami limpahkan ke JPU untuk proses persidangan,” ujar Kasat Resnarkoba, Iptu Ahmad Khairuman SE.

Menurut Ahmad, ke-9 tersangka tersebut yakni 3 sipir yaitu Ed (30), Fa (29) dan Na (32). 4 Napi yakni Da (33), Er (23), Ds (30) dan Eh (34) serta dua wanita yang ditemukan di rumah Ed yakni Fey (27) dan Lia (24). Barang bukti yang berhasil diamankan yakni 1 pipet, 1 HP dan 1 Bong dari ruang tahanan Da dan 1 tutup bong yang ditemukan dari hasil penggeledahan di rumah Sipir, Ed. Selain itu dari hasil tes urine ke-9 tersangka ini dinyatakan positif mengandung narkoba.

napi narkoba“BB yang kami temukan sudah kami serahkan ke JPU berikut rekomendasi BNNK dan BNNP berdasarkan hasil assassment terpadu (TAT) yang menyatakan mereka untuk direhabilitasi, namun hukuman apa yang akan mereka terima sesuai dengan putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Manna,” ujar Kasat Resnarkoba.
Saat ini berkas perkara mereka sudah dinyatakan lengkap (P21). Sehingga berkas perkara dan para tersangka sudah dilimpahkan penyidik Resnarkoba Polres Bengkulu Selatan (BS) ke jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Bengkulu Selatan (BS) Gamayati SH dan Wiwin Setyawati SH MH, Selasa (23/8).

Sementara itu, Gamayanti dan Wiwin, selaku JPU membenarkan telah menerima berkas perkara dan para tersangka, sehingga saat ini pihaknya masih mempelajari berkas tersebut kemudian dilimpahkan ke PN Manna untuk mendapatkan jadwal sidang perdana.

“Saat ini berkas sudah kami terima dan masih kami pelajari sebelum dilimpahkan ke PN,” ujar keduanya.

Sekedar mengingatkan, Kamis (7/4) Polres BS bekerja sama dengan BNNK dan pihak Rutan kelas IIB Manna BS menggelar tes urine para tahanan khususnya narkoba. Dari hasil tes urine, tiga sipir positif dan 4 Napi positif, kemudian di rumah sipir Ed digeledah, hasilnya ditemukan ada dua wanita, hasil tes urine keduanya positif mengandung narkoba.(SAR)