Manna, Bengkulu Selatan; Seorang lulusan Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) tahun 1964, Raden Andik Prawira yang lebih akrab di panggil Kang Andik ini merupakan putra kelahiran Banten pada 04 Agustus 1943. Setelah lulus dari SKMA pada tahun 1964, Kang Andik bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil pada Kementerian Kehutanan dan Pensiun pada tahun 1996 di Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah. Melakukan perjalanan Lintas Pulau Keliling Indonesia dengan menggunakan sepeda.

Diceritakan Kang Andik ketika mengunjungi Kabupaten Bengkulu Selatan, bahwa dirinya melakukan perjalanan lintas pulau keliling Indonesia pada tanggal 16 September 2014 yang dimulai dari Provinsi Banten.

“Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan Kabupaten/Kota yang ke 382 yang dikunjungi, dan provinsi Bengkulu ini adalah Provinsi yang ke 30 dalam kunjungan saya memakai sepeda keliling Indonesia ini,”ujar Kang Andik.

Dijelaskan Kang Andik, dari perjalanannya, banyak yang ditemukan terutama untuk kelestarian Hutan dan cagar Alam, hanya saja ada beberapa kerusakan Hutan dan Cagar Alam yang memang karena kurangnya tenaga Pengawas dan Fasilitas Pengawasan. Padahal Hutan Tropis Indonesia merupakan salah satu Paru-paru Dunia.

“Namun demikian, sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia, saya tetap berbangga karena, Pemerintah tetap konsisten untuk tetap menjaga dan melestarikan Hutan,” terang Kang Andik.

Kang Andik tiba di Bengkulu Selatan disambut oleh para Alumni SKMA yang bertugas di Bengkulu Selatan, dan mengunjungi kantor Bupati Bengkulu Selatan yang diterima langsung oleh Assisten I Yunizar Hasan. Selanjutnya kang Andik melakukan kunjungan ke Kantor DPRD Bengkulu Selatan yang diterima langsung oleh Plt.Sekretaris DPRD, Aswan.

Menurut Kang Andik, perjalanan yang sudah ditempuh selama lebih kurang 2, 5 tahun ini hanya menyisakan 4 Provinsi lagi yang akan di kunjungi dengan menggunakan sepeda dan setelah itu akan finish kembali di Provinsi Banten.

“Dari setiap Provinsi dan kabupaten/kota yang saya kunjungi, saya selalu meminta tanda tangan pejabat atau pun staf pemerintahan yang saya temui untuk nantinya akan dimasukan pada Museum Rekor Indonesia,”lanjut Kang Andik.

Perjalanan dengan menggunakan Sepeda yang dilakukan Kang Andik sangat menginspirasi untuk melestarikan dan menjaga Hutan terutama Di Bengkulu Selatan. Karena perjalanan Kang Andik ini merupakan salah satu cara untuk memantau langsung kelestarian Hutan Di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Usai mengujungi Bengkulu Selatan, saya akan mengunjungi Kabupten Kaur, setelah itu baru akan mengunjungi Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Lampung,”Demikian Kang Andik.(SAR)

incoming search terms:

  • Bersepeda lintas pulau