Manna, Bengkulu Selatan; Kementerian Pekerjaan Umum (PU) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Air Minum pada APBN 2017 memberikan bantuan sebesar Rp 12 Milyar untuk PDAM Tirta Manna. Hal Ini diutarakan Plt. Direktur PDAM Tirta Manna Beni Hazan, ketika ditemui diruang kerjanya (15/9).

Beni mengatakan, anggaran tersebut sudah disahkan dan akan ditenderkan dan pada bulan Februari 2017 yang akan datang. Setelah itu baru tahap pekerjaan baik penambahan jaringan pipa distribusi sepanjang 12.600 meter, Pembuatan bak penampung air di Rumah Sakit Hazanudin Damrah (RSHD) Manna dengan kapasitas 100 liter, pembangunan jembatan gantung untuk pipa di Air Nelengau perbatasan Kecamatan Manna dan Seginim, pembuatan jembatan gantung untuk pipa dari dekat SMA Karya Kabupaten BS.

“Untuk meningkatkan volume pelanggan, PDAM Tirta Manna akan memperluas jaringan dari PDAM ke wilayah-wilayah yang belum mendapatkan saluran pipa air PDAM, seperti halnya di wilayah padang panjang, RSUD HD yang akan dibangun bak untuk penampungan air dengan kapasitas hingga 1000 liter, hingga ke Desa Padang Serasan Kecamatan Pino Raya,”terang Beni.

Dilanjutkan Beni, PDAM juga mendapat penambahan 2unit pompa intek (air baku) dengan kapasitas 70 liter per menit, Dua unit Pompa Distribusi berkapasitas 35 liter per detik, serta penggantian pompa dozing tawas kaporit.

“Bukan hanya itu anggaran yang Rp 12 M itu juga untuk pengrehaban dan pengatapan bak pengolahan air yang akan didistribusikan kepada pelanggan,”ujarnya.(SAR)