Bengkulu Selatan, Bengkulu; Pembangunan Desa yang menggunakan Dana Desa (DD) memang cukup menuai banyak permasalahan, seperti halnya beberapa waktu yang lalu Kepala Desa Batu Kuning Kecamatan Pasar Manna yang di kambing hitamkan dengan pengaduan masyarakat kepada Kejaksaan Negeri Bengkulu Selatan. Namun sayangnya yang dijadikan permasalahan itu blm dapat dibuktikan secara hukum

tutp siringWalaupun demikian, pembangunan di Desa Batu Kuning tetap berjalan sesuai dengan apa yang diharapakan. Hal ini terbukti semua pekerjaaan yang di lakukan melebihi kapasitas volume pekerjaan.

Ketua Tim Pengelola Kegiatan Baheran Safiri yang biasa di panggil “Yung Tupang” kepada sejumlah awak media yang meliput pelaksanaan pembangunan tutup siring di Desa Batu Kuning mengatakan, semua volume pekerjaan ini lebih dari yang sudah ada di Rencana Anggaran Belanaja (RAB).

yung“Sebenarnya tidak ada lagi masalah di Desa Batu Kuning ini untuk penggunaan DD, karena dari kwalitas pekerjaan sangat bagus dan kwantitasnya pun lebih dai volume yang ada di RAB,”ujar Yung.

Ditambahkan Baheran, pembungan tutup siring ini volumenya sepanjang 332,8 meter dengan lebar 120 cm, dengan ketebalan 12 cm (sesuai RAB), pengerjaannya yang sudah di laksanakan sepanjang 100 meter. Namun pada kenyataannya yang dikerjakan mencapai 335 meter dengan lebar mulai dari 120 cm hingga 2 meter. Bukan hanaya pengerjaan tutup siring, pembangunan pagar polindes semestinya 80 meter (sesaui RAB) namun kenyataan pembangunan pagar tersebut mencapai 85 meter.

ttp srngBegitu juga dengan pembangunan favingblock di halaman masjid Desa Batu Kuning bila berdasarkan RAB hanya 412 meter persegi, namun pembangunan yang dilaksanakan mencapai 420 meter persegi dan ditambah lagi dengan pembuatan taman masjid yanag tidak termasuk dalam RAB, smentar untuk bunga taman merupaka sumbangan dari anak salah seorang anggota TPK yang tidak mau disebutkan namanya. Hanya satu pekerjaan yang belum di kerjakan sama sekali yaitu pembuatan jalan rabat beton sepanjang 200 meter dengan lebar 3 meter dan tebal 20 cm, anggarannya Rp.145.738.000,-

pagar polindes“Jadi sebenarnya kami bingung, apa yang dipermasalahakan lagi dengan pekerjaan yang kami lakukan. Semua pekerjaan volumenya dilebihkan dan kwalitasnya cukup bagus dan bisa disaksikan sendiri. Pembangunan ini kan untuk Desa kami, yang mengerjakan pun kami dan warga Desa, tentu kami ingin maksimal agar bisa bertahan lama,”tegar Baheran yang di dampingi PL Desa Batu Kuning Wiwin Agustian,A.Md.

mirzan ngecorData terhimpun dilapangan menyebutkan pembangunan tutup siring yang sudah dikerjakan sepanjang 100 meter, yang saat ini sedang dikerjakan 232,8 meter. Pembuatan pagar Polindes juga sedang dikerjakan, sementara favingblok halaman masjid sudah dikerjakan. Dan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 200 meter belum sama sekali dikerjakan.

“yang belum dikerjakan hanya tinggal jalan rabat beton, kalau tutup siring dan pagar polindes sedang di kerjakan, mudah-mudahan dalam wakttu yang tidak terlalu lama semuanay sudah rampung. Favingblok halam masjid sudah selesai bahakan dilebihkan untuk taman,”terang Baheran.(SAR)