Bengkulu Selatan, Bengkulu; Anggota karang taruna Desa Ketaping Kecamatan Manna usulkan setiap perangkat desa cukup satu jabatan. Dengan satu jabatan dan jabatan yang lain dapat memberikan bagi yang belum ada jabatan. Karena di desa tersebut masih banyak warga yang ingin menjabat sebagai petugas desa.
Ini diakui Ketua Karang Taruna Heri Sugianto (30), Jum`at (5/8). “Ia kami himbau pada petugas desa agar kalau sudah punya satu jabatan jangan lagi menjabat pekerjaan yang lain sebagai pertugas desa,”katanya.
dikatakannya, dengan ada dua jabatan tersebut dapat menimbulkan gejolak bagi warga kusususnya anggota karang taruna. Perangkat yang mempunyai jabatan ganda hingga tiga jabatan yakni Rudiahartono (40) menjabat sebagai Kepala Dusun (Kadus), Lembaga Pemberdayaan Desa (LPM) dan Tim Pengawas Kerja (TPK). Ningsi (30) menjabat sebagai pendamping desa dan perangkat desa bidang Kaur Tata Usaha dan umum dan Gusnawati (28) menjabat sebagai Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Kaur Perencanaan.
“Kami harap petugas desa dapat dirombak. Agar kiranya kedepan tidak ada lagi anggota karang taruna dan warga yang protes,”ujarnya.
Senada disampaikan Rustam (26) warga setempat mengatakan, perangkat di desanya ada yang ganda bahkan tiga jabatan. Padahal warga yang lain juga mau menjabat. Dan juga Ketua Karang Taruna Heri Sugianto sudah diganti secara diam-diam. Sebagai Ketua yang baru yakni Kurim. “Kalau ada pergantian pengurus kami harap dapat dimusyawarakan secara terbuka,”terangnya.
Sementara Kepala Desa (Kades) Ketaping Saidi mengatakan, ia mengakui perangkat di desanya ada yang dua jabatan. Sebelum melakukan pemilihan jabatan tersebut selalu bermusyawarah. Tidak ada yang ditutup-tutupi. Dan kalau anggota karang taruna dan warga ingin merombak yang ganda jabatan cukup satu jabatan silakan saja.
Namun sebelumnya dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) hendaknya menyampaikan hasil dari permintaan anggota karang taruna. Sehingga apa yang akan dirombak dapat dimusyawarakan terlebih dahulu. “Kami himbau pada anggota karang taruna agar kiranya dapat bersabar. Kalau memang harus dirombak bagi yang jabatannya ganda didesa akan kita rombak dan dimusyawarakan,” pungkasnya. (sar/dc)