Manna, Bengkulu Selatan ; Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke 33 tahun 2016, bertempat dilapangan upacara kantor Bupati Bengkulu Selatan diikuti oleh seluruh unsur FKPD, Kepala SKPD, dan pelajar Sekabupaten Bengkulu Selatan dengan komandan upacara Lahidin, S.Pd dan Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH bertindak selaku Inspektur upacara. Upacara peringatan HAORNAS di Bengkulu Selatan di motori Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Dikpora BS.
Selaku inspektur upacara, Bupati Bengkulu Selatan Membacakan sambutan tertulis menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Peringatan Haornas pertama kali diselenggarakan pada 9 September 1983. Tanggal tersebut sengaja dipilih untuk mengenang sejarah diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) edisi perdana. Di tengah kemerosotan prestasi, atlet Indonesia justru mampu mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Artinya, peringatan Haornas ini bukan sekadar seremonial saja. Pasalnya ada beberapa hal penting yang terjadi pada tahun ini, salah satunya adalah pencabutan sanksi oleh FIFA terhadap induk sepak bola Indonesia (PSSI). Meski demikian, masyarakat tidak hanya menantikan kebangkitan sepak bola Indonesia saja pasca mati suri lebih dari satu tahun.

Masalah regenerasi juga bisa dijadikan sebagai tahapan penting dalam pembinaan prestasi olahraga mengingat ini merupakan pondasi dari pembangunan sistem pembinaan prestasi olahraga di tanah air. Melalui proses ini tentunya peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dan jangan cuma hanya mengandalkan peran pemerintah saja.

Karena peran masyarakat dalam menggelorakan semangat dan prestasi olahraga nasional sangat penting. Apalagi jika melihat tema “Ayo Olahraga”, yang ditampilkan pada acara Haornas ke-33 tahun 2016 ini.

Tentunya hal itu bisa dijadikan sebagai titik balik keberhasilan atlet Indonesia. Mengingat olahraga menjadi instrumen penting bagi pembangunan karakter bangsa Indonesia. “Sesuai tema Haornas tahun ini, saya ingin mengajak kepada semua masyarakat di seluruh pelosok wilayah Republik Indonesia untuk membangkitkan kembali olahraga. Dengan berolahraga kita akan sehat jiwa dan raga,” ujar Menpora Imam Nahrawi, disampaikan melalui pidato tertulisnya yang dibacakan Bupati Bengkulu Selatan H.Dirwan Mahmud, SH.
“Melalui HAORNAS ini, mari kita tingkatkan prestasi olah raga di Bengkulu Selatan, dan menghimbau kepada pemuda untuk berolah raga karena dengan berolahraga jiwa kita akan menjadi sehat dan tentu akan menghindarkan diri dari narkoba,”ujar Bupati.(SAR)